Perlu memberikan jarak aman untuk perumahan di dekat saluran
Purwokerto (ANTARA) - Pemerintah daerah perlu meningkatkan sosialisasi mengenai pentingnya mitigasi bencana kepada masyarakat yang tinggal di lokasi rawan longsor, kata akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman, Dr. Indra Permanajati.

"Tingkatkan sosialisasi mengenai kondisi wilayah termasuk upaya-upaya terkait mitigasi bencana," katanya di Purwokerto, Senin.

Indra yang merupakan Kordinator bidang bencana geologi, Pusat Mitigasi Unsoed menyampaikan itu terkait dengan kejadian tanah longsor di Kampung Taman Sari, Parakancanggah, Banjarnegara.

Baca juga: BPBD Banjarnegara: Dua unit rumah tertimbun tanah longsor

Menurut data yang dihimpun dari BPBD Banjarnegara longsor terjadi akibat jebolnya penahan jaringan irigasi yang terletak di atas lereng, akibatnya dua rumah warga yang lokasinya lebih rendah tertimbun tanah longsor.

Terkait kejadian tersebut, kata dia, sosialisasi yang perlu dilakukan salah satunya adalah mengenai risiko perumahan yang terlalu dekat dengan lereng saluran.

"Perlu memberikan jarak aman untuk perumahan di dekat saluran. Meskipun langkah tersebut cukup sulit mengingat pada saat ini sudah terlanjur banyak pemukiman warga yang berlokasi di dekat lereng," katanya.

Langkah kedua, kata dia, adalah mengecek kondisi saluran agar tidak terulang kejadian serupa.

"Dan langkah ketiga adalah mengamankan lereng dekat saluran, dengan bangunan struktur perkuatan lereng dan saluran horisontal lereng," katanya.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara menginformasikan bahwa dua unit rumah di Kampung Taman Sari, Parakancanggah, tertimbun tanah longsor akibat jebolnya penahan jaringan irigasi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banjarnegara, Arief Rahman mengatakan akibat kejadian tersebut satu orang meninggal dunia dan dua orang lainnya luka-luka.

Dia menjelaskan berdasarkan keterangan masyarakat setempat, pada Jumat (1/11) malam sekitar pukul 23.00 WIB sejumlah warga melihat adanya retakan tanah.

"Retakan tanah tersebut berlokasi di sebelah Timur rumah, rumah yang dimaksud merupakan rumah yang saat ini tertimbun longsor. Selain itu warga juga melihat air dari irigasi merembes dan masuk ke jalan rumah warga," katanya.

Ia menambahkan, pada Minggu pagi, warga membersihkan dan menutup retakan tanah tersebut. "Setelah berselang satu jam dari kegiatan pembersihan, beberapa warga mulai pulang ke rumah namun tidak lama kemudian terjadilah longsor dan warga langsung bergerak melakukan evakuasi, dua orang selamat dan satu meninggal dunia," katanya.

Baca juga: Bupati Banjarnegara imbau warga waspada longsor

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019