Manfaat wasabi, turunkan berat badan hingga kesehatan gigi

Manfaat wasabi, turunkan berat badan hingga kesehatan gigi

Ilustrasi wasabi (ANTARA News/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Jika Anda pernah ke restoran Jepang dan memesan sushi, pasti tahu bumbu pedas berwarna hijau yang bernama wasabi. Wasabi ini ternyata memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

Wasabi atau lobak Jepang adalah sayuran silangan milik keluarga Brassicaceae. Wasabi berwarna hijau terang dan mengandung isothiocyanate (ITCs), senyawa yang bertanggung jawab atas rasanya yang tajam dan menyengat. Isotiosianat ini jugalah yang berperan untuk memberikan manfaat kesehatan.

Berikut adalah manfaat kesehatan dari wasabi menurut Boldsky, dilansir Sabtu.

1. Membantu menurunkan berat badan
Tanaman wasabi mengandung senyawa yang menghambat pertumbuhan dan pembentukan sel-sel lemak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang disebut 5-Hydroxyferulic acid methyl ester (5-HFA ester) yang ada di daun wasabi menekan pertumbuhan dan pembentukan sel-sel lemak.

Studi lain yang diterbitkan dalam "Nutrition Research and Practice", menyimpulkan bahwa ekstrak daun wasabi mencegah penambahan berat badan pada tikus dengan diet tinggi lemak.

2. Mencegah kanker
Aktivitas antikanker dikaitkan dengan isotiosianat (ITC) dalam wasabi. Studi menunjukkan bahwa ITC dan senyawa serupa lainnya yang ada dalam wasabi menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, mulut, usus, dan pankreas.

Studi lain yang dicatat juga menunjukkan bahwa sayuran seperti wasabi menurunkan risiko kanker paru-paru, payudara, kandung kemih, dan prostat.

3. Meningkatkan kesehatan jantung
Wasabi memiliki sifat antihypercholesterolemic yang membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi sehingga mengurangi risiko jantung dan stroke. Isotiosianat dalam wasabi menghentikan agregasi trombosit (menggumpal bersama trombosit dalam darah) dan mencegah pembentukan gumpalan darah, yang merupakan penyebab utama stroke.

4. Mencegah penyakit yang ditularkan melalui makanan
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam "Frontiers of Microbiology", sifat antibakteri wasabi sangat membantu dalam memerangi bakteri Staphylococcus aureus dan E. coli - dua bakteri paling umum yang bertanggung jawab atas keracunan makanan.

Studi lain menunjukkan bahwa wasabi juga memiliki kemampuan ampuh untuk membantu mengobati tukak lambung yang disebabkan oleh H. pylori.

5. Mencegah penyakit Parkinson
Isothiocyanate dalam wasabi memiliki efek neuroprotektif pada otak. Mereka meningkatkan aktivasi sistem antioksidan yang menurunkan peradangan di otak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini juga dapat membantu mencegah atau memperlambat timbulnya penyakit Parkinson

6. Mencegah osteoporosis
P-hydroxycinnamic acid (HCA) dalam wasabi dapat menjaga integritas tulang dengan meningkatkan pembentukan tulang dan mengurangi kerusakan tulang pada manusia. Ini bisa membantu mengobati osteoporosis.

7. Menghambat pembusukan gigi
Menurut "American Chemical Society", wasabi mengandung isothiocyanate yang dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan gigi berlubang dengan menghilangkan bakteri penyebabnya.


Baca juga: Makanan pedas bantu bakar kalori, redakan sakit

Baca juga: Ini manfaat makan sushi saat muda

Baca juga: Mencicipi olahan ikan tai dari Jepang

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar