Pemkot Pasuruan siapkan lahan sekolah tanggap bencana

Pemkot Pasuruan siapkan lahan sekolah tanggap bencana

Pendampingan pemulihan trauma siswa SDN Gentong Pasuruan setelah ambruknya sekolah setempat pada pekan lalu, Pasuruan, Senin (11/11/2019). ANTARA/Indra/aa.

sekolah itu cukup kuat dan bisa bertahan selama lima tahun. Kami siapkan dua hektare terserah mau digunakan berapa yang penting untuk kepentingan sosial
Pasuruan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pasuruan Jawa Timur menyiapkan lahan untuk pembangunan sekolah tanggap bencana setelah ambruknya SDN Gentong, Kota Pasuruan yang mengakibatkan dua orang meninggal dunia.

"Dalam waktu satu atau dua minggu ini pembangunan sekolah itu dilaksanakan," kata Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo di sela memberikan hiburan pemohon pemulihan trauma siswa SDN Gentong di Kota Pasuruan, Senin.

Ia mengemukakan sekolah tanggap bencana itu sebagai sekolah sementara yang jaraknya sekitar 150 meter dari sekolah yang ada saat ini.

"Kami sudah berkoordinasi dengan kementerian terkait, supaya pembangunan ini segera dilakukan. Pemkot yang menyiapkan lahannya dan pembangunannya menggunakan dana APBN," ujarnya.

Baca juga: LPA Pasuruan dukung pemulihan trauma siswa sekolah ambruk

Ia mengatakan sudah ada lahan dua hektare yang disiapkan Pemkot Pasuruan yang bisa digunakan untuk pembangunan sekolah tanggap bencana.

"Informasi yang saya terima sekolah itu cukup kuat dan bisa bertahan selama lima tahun. Kami siapkan dua hektare terserah mau digunakan berapa yang penting untuk kepentingan sosial," katanya.

Sebanyak dua orang meninggal dunia terdiri atas satu siswa dan guru, serta belasan siswa lainnya mengalami luka-luka akibat ambruknya atap di SDN Gentong, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Selasa (5/11), pukul 08.30 WIB.

Gedung sekolah yang ambruk berada di bagian depan terdiri atas empat kelas, yakni kelas 2A dan B, serta kelas 5A dan B.

Baca juga: "Pahlawan super" hibur siswa sekolah ambruk Pasuruan
Baca juga: Siswa sekolah ambruk belajar sementara di Ponpes Al-Ghofuriyah
Baca juga: Polda Jatim mintai keterangan pejabat Pemkot Pasuruan soal SD ambruk

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tanah bergeser, dinding SD di Jember nyaris terbelah

Komentar