Jakarta (ANTARA) - Komunitas Musisi Penyanyi Indonesia Kita atau I.Ki yang memiliki perhatian pada lagu-Iagu cinta Tanah Air, kebangsaan, dan toleransi menyambut rangkaian peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019 dengan menciptakan lagu-lagu perjuangan dalam album baru mereka.

Ketua Umum I.Ki Renny Djajoesman di Jakarta, Senin mengatakan Hari Pahlawan merupakan saat yang paling monumental dalam setiap tahunnya karena juga merupakan ulang tahun I.Ki.

“Jiwa dari para personel I.Ki sangat nasionalis sehingga ini berpengaruh pada karya lagu yang dihasilkan, yang sangat bernuansakan kebangsaan,” ucap Renny.

Tahun ini merupakan tahun keempat usia komunitas tersebut yang kemudian berencana untuk meluncurkan album baru.

Sebelumnya, komunitas itu telah meluncurkan sejumlah album secara mandiri dengan biaya swadaya dari anggotanya, di antaranya lagu “Indonesia Kita” (termuat di album pertama karya Jelly Tobing), juga lagu "Asap" (Amiroez lirik Renny Djajoesman dan Damhuri ), "Kita Adalah Satu" (Sylvia Saartje/Amiroez).

“Napas lagu kebangsaan memang menjadi ciri kuat dalam karya penciptaan I.Ki, terlebih sejak muncul pertama kali dulu, I.Ki juga membuat theme song 'Bela Negara' untuk Kementerian Pertahanan,” ucap Renny Djajoesman.

Menurut Renny, awalnya I.Ki dibangun oleh beberapa musisi senior, atas inisiatif Renny Djajoesman dan drummer Rere, lalu mereka mengontak Jelly Tobing, Sylvia Saartje dan semakin berkembang mengumpulkan banyak musisi atau penyanyi senior yang didominasi musisi rock.

Perjalanan membawa I.Ki didukung oleh banyak musisi dari lintas genre music (rock, pop, reggae, jazz), juga lintas usia (Riffy Putri, Damon Koeswoyo, Che Cupumanik dan lain-lain), dan lintas kota (Jakarta, Malang, Surabaya, Bandung).

I.Ki saat ini memiliki anggota berjumlah 109 orang dan diakui Renny mengalami pasang surut jumlah.

Dalam menjaga keguyuban, Renny mengaku menanamkan rasa persaudaraan dan menghargai perbedaan, serta tetap harus bersatu dan bersaudara walau berbeda.

Bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November 2019, I.Ki merayakan ulang tahun keempat dalam acara sederhana yang diselenggarakan di markas besar mereka di Kavling Polri Blok D, Ragunan, Jakarta Selatan.

Selain para personel I.Ki, tampak hadir Ediwan Prabowo (Pelindung), Donny Hardono (Pembina), Keith Rustam (Pembina), Yoel Perry (Ketua Harian), Estu Pradana (ketua acara ulang tahun ke empat) juga sejumlah anak yatim piatu dari Yayasan Darul Aitam.

I.Ki merupakan satu-satunya komunitas musisi dan penyanyi di Indonesia yang lahir atas kebersamaan untuk menggaungkan lagu-Iagu cinta Tanah Air, kebangsaan, dan toleransi atas sesama.

Sepanjang empat tahun berdiri, I.Ki berhasil mengeluarkan dua album, yakni Indonesia Kita (2016) dan Kebersamaan ‘Bangkit Indonesia’ (2018]. “Lewat album kedua, I.Ki menang memperoleh penghargaan AMI Award untuk kategori Album Rock Terbaik,” kata Renny.

Saat ini, mereka telah menyelesaikan single tiga lagu sekaligus mempersiapkan pembuatan album ke-3 yang akan diproduksi DSS.

Rencananya I.Ki akan membuat acara bertajuk “Tribute to..” yang akan ditayangkan di TVRI untuk sejumlah nama besar di musik Indonesia, antara lain to Koes Plus, Panbers, D’Llyod dan lain-lain.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2019