Jakarta (ANTARA) - L.A Times belum lama ini merilis daftar mi ramen yang paling berpengaruh berdasarkan rasa dan iklan komersial, setidaknya ada 31 peringkat yang telah ditetapkan.

L.A Times memberi peringkat berdasarkan dua penilaian yakni rasa dan sesuatu yang disebut Truth in Advertising atau T.I.A misalnya apakah mi ramen udang rasanya benar-benar seperti udang atau ayam benar terasa seperti ayam.

Mi ramen buatan Indonesia sendiri berada di urutan pertama dan 10 dengan produk Indomie Goreng-nya. Berikut ini adalah daftar peringkat mi ramen paling berpengaruh seperti dilansir L.A Times, Senin.

1. Indomie (Barbeque Chicken)
Sebenarnya Indomie masuk dalam kategori mi instan, namun pihak L.A Times membuat pengecualian. Perpaduan antara MSG, kecap manis, minyak bawang, saus cabai dan bawang goreng kering disebut sebagai kenikmatan surgawi.

2. MyKuali (Penang White Curry)
Mi produksi Malaysia ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik. Sebab rasa seafoodnya begitu terasa, manis dan seperti ada rasa santannya.

3. Nongshim Shin (Black)
Nongshim Shin Black memiliki kaldu yang pedas dengan mi yang lembut. Dalam sebungkus mi-nya terdapat sayuran, irisan bawang putih, potongan dan daun bawang. Mi ini juga mudah didapatkan di toko kelontong.

4. Sapporo Ichiban (Tokyo Chicken Momosan)
Ramen ini menampilkan wajah Chef Masaharu Morimoto. Kuah dari ramen ini cukup kental dan dalam instruksi memasak disebut bahwa mi dan kuahnya dibuat secara terpisah sehingga mirip dengan ramen sungguhan. Meski kental, kaldu ramen cukup licin atau berminyak dan kecapnya sangat enak.

5. Ibumie Mi Goreng (Curry Kapitan)
Mi produksi Malaysia lain yang menjadi pesaing kuat dari mi instan atau mi ramen adalah Ibumie rasa Kari Kapitan yang menghadirkan rasa begitu kuat dan berbeda sebab ada jintan, ketumbar dan capai. Rasa manis pedasnya sangat baik dan manisnya seperti gula merah.

6. Myojo Chukazanmai (Soy Sauce)
Menemukan shoyu ramen yang baik seperti manis, tidak terlalu kental dan ringan tidak mudah ditemukan namun Myojo Chukazanmai memiliki rasa yang mengesankan dan seimbang antara rasa asin dan fermentasi kacangnya.

Bumbu cairnya menghasilkan lemak yang bagus dan menjadi sentuhan akhirnya yang cantik di bagian atas sup. Mi-nya cukup padat sehingga membutuhkan waktu yang lama saat memasak. Meski demikian mi ramennya memiliki tekstur yang baik dan kenyal.

7. MyKuali (Penang Spicy Prawn)
Rasa bumbu mi ini begitu kuat dan aromanya begitu menusuk hidung. Namun untuk iklan, mi instan ini begitu menggoda.

8. Mama (Shrimp Creamy Tom Yum)
Mama adalah mi instan produksi Thailand, rasa udang tom yum-nya cukup enak dengan rasa asam yang kuat. Namun kuahnya sangat berminyak dan iklannya sangat menggiurkan.

9. Maggi (Masala Spicy)
Mi Maggi memiliki rasa yang sederhana namun memuaskan. Rasa mi ini terdiri dari campuran kapulaga, jintan dan adas. Ada sedikit rasa tajam yang berasal dari cengkeh atau pala dan memberikan rasa panas di lidah.

10. Indomie (Mi Goreng)
Indomie begitu terkenal di Nigeria, bahkan merek ini sudah digunakan sebagai kata ganti mi di Nigeria. Mi Goreng ini adalah rasa yang klasik dibandingkan dengan Indomie Barbeque Chicken. Rasanya asin namun rasa rempahnya seimbang dan teksturnya baik. Iklan untuk produk ini juga sangat menggoda. Produk mi goreng memang cukup banyak namun Indomie Goreng ini cukup mewakili rasa mi goreng dari Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Selain 10 mi instan dan mi ramen di atas, merek lain yang juga masuk dalam daftar ini adalah Nissin Cup Noodles (Black Pepper Crab), Nissin Top Ramen (Soy Sauce), Samyang (Mala Hot Chicken), Pulmuone (Crab Jjamppong), Nongshim (Budae Jjigae), Hikari Miso (Sichuan-Inspired Spicy Sesame), Maruchan (Chicken), Sapporo Ichiban (Shio), Samyang (Seafood Party) dan Paldo (Volcano Chicken Noodle).

Ada juga Ve Wong Kung-Fu (Soybean Paste), Fashion Foods (XO Sauce), Samyang (Sutah), Ottogi Jin (Spicy), Paldo (Bul Cheese), Nongshim Bowl Noodle Soup (Spicy Kimchi), Sapporo Ichiban (Beef), Nissin Demae (Tonkotsu with Black Garlic Oil), Wu-Mu (Artificial Pork Flavor), Unif Tung-I ramen (Chinese Onion) dan Dr. McDougall’s Right Foods (Vegan Miso).
  Baca juga: Indomie Indonesia rambah restoran cepat saji di Milan

Baca juga: Indomie tambah rasa baru saingi pasar premium

Baca juga: 10 makanan paling dicari sepanjang 2016


Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2019