Wako Padang: Rakornas kesempatan konsolidasi potensi daerah

Wako Padang: Rakornas kesempatan konsolidasi potensi daerah

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah saat diwawancarai terkait rapat koordinasi nasional di SICC Bogor. (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

Bogor (ANTARA) - Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan rapat koordinasi nasional (Rakornas) merupakan kesempatan bagi semua daerah untuk menyampaikan potensinya masing-masing.

"Saya kira semua kita memiliki semangat yang sama terkait bagaimana berkontribusi untuk bangsa," kata dia saat menghadiri Rakornas di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Rabu.

Baca juga: Rakornas Forkopimda, Jokowi bersyukur pertumbuhan ekonomi terjaga

Setelah mendengarkan paparan dan arahan dari Presiden Joko Widodo serta para menteri, masing-masing daerah akan kembali berkoordinasi untuk menerapkan kebijakan hasil dari Rakornas.

Ia mengatakan peran serta dari forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) dibutuhkan dan harus terus berkoordinasi untuk menciptakan suasana kondusif di masing-masing daerah.

"Kemudian peran kepala daerah sangat penting di sini sehingga program pemerintahan lancar," ujar politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Baca juga: Presiden arahkan pimpinan daerah hati-hati hadapi insiden

Khusus di Kota Padang Sumatera Barat, komunikasi Forkopimda terbangun cukup baik. Hal itu dibuktikan dengan menekan angka kriminal dan mengurangi aksi-aksi unjuk rasa.

"Selain itu pembangunan kita alhamdulillah juga berjalan dengan lancar," katanya.

Kota Padang, ujarnya, juga mempunyai visi dan misi pada pembangunan aspek pariwisata, perdagangan dan pendidikan.
Tiga aspek tersebut diharapkan dapat lebih ditingkatkan setelah Rakornas.

Rakornas Indonesia maju yang diselenggarakan di SICC akan membahas sejumlah aspek yaitu kebijakan strategis 2020-2024, pembangunan sumber daya, dan pembangunan infrastruktur.

Selanjutnya, penyederhanaan regulasi reformasi dan birokrasi, transformasi ekonomi I dan ekonomi II.

Baca juga: Jokowi minta kebijakan jangan dikriminalisasi

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tour de Barito Kuala, perkenalkan eksotika alam Barito

Komentar