Anti Hoax

Hoaks, Jokowi pakai kaus dengan tulisan 'Aica Aibon'

Hoaks, Jokowi pakai kaus dengan tulisan 'Aica Aibon'

Presiden Joko Widodo (kanan) dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berolahraga di kompleks Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu (24/3/2018). Presiden Joko Widodo dan Airlangga Hartarto membahas sejumlah hal, diantaranya tentang calon wakil presiden untuk Pilpres 2019. (ANTARA /ropers-Muchlis)

Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah foto yang menampilkan Presiden Joko Widodo dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto diunggah sebuah akun Facebook pada Minggu (10/11).

Dalam kiriman gambar itu, terlihat Kepala Negara tengah memakai kaus kuning bercorak merah bertuliskan "CHEAP & CHEERFUL HERE'S THE Aica Aibon". Sementara itu, Ketua Umum Partai Golkar pada kesempatan tersebut menggunakan kaus putih dengan siluet segi empat hitam berisi tulisan 1560.

Unggahan tersebut juga menunjukkan posisi Presiden Jokowi, yang berada di sebelah kiri politisi Airlangga Hartarto. Sejumlah pohon besar dan sebuah bangunan putih juga menjadi latar dari gambar itu. 

Hingga Rabu (13/11) sore, foto itu telah disukai sebanyak 146 orang, 37 komentar, serta telah dibagikan sebanyak 16 kali.
Tangkapan layar konfirmasi Kominfo soal hoaks kaus Jokowi (Antara/Kominfo)


Klaim: Jokowi pakai kaus dengan tulisan 'Aica Aibon'
Rating: Salah/Disinformasi

Penjelasan:
Setelah ditelusuri dari koleksi foto milik Antara, didapatkan fakta bahwa gambar tersebut diambil di kompleks Istana Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (24/3).

Dalam keterangan foto Antara dijelaskan bahwa pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dilaksanakan sambil berolahraga. 

Pada kesempatan tersebut, Kepala Negara terlihat menggunakan kaus kuning polos. Sementara itu, Airlangga Hartarto memakai kaus putih polos.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa foto Jokowi dengan kaus bertuliskan "CHEAP & CHEERFUL HERE'S THE Aica Aibon" serta gambar Airlangga Hartanto yang menggunakan kaus putih bersiluet segi empat hitam, merupakan hasil rekayasa digital dan telah melalui proses editing. 

Baca juga: Golkar NTB deklarasikan Airlangga cawapres Jokowi
Baca juga: Golkar dorong pasangan Jokowi-Airlangga pada pilpres 2019

Cek fakta: Hoaks, Jokowi pindahkan ibu kota karena tamu asing suka bertemu Anies
Cek fakta: Hoaks, Grace Natalie kecewa tak jadi menteri padahal pintar kupas salak
Cek fakta: Hoaks, Antasari Azhar dan Ahok dipilih menjadi dewan pengawas KPK


 

Pewarta: Tim JACX dan Kominfo
Editor: Arie Novarina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Cegah Hoaks, Divisi Humas Mabes Polri gandeng LKBN Antara

Komentar