Kapolri: Kapolres jangan jadi bagian permasalahan di daerah

Kapolri: Kapolres jangan jadi bagian permasalahan di daerah

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan sambutan dalam acara Rakornas Forkopimda 2019 di Sentul International COnvention Center, Sentul Jawa Barat pada Rabu (13/11/2019). (Tangkapan layar video BPMI Setpres)

Bogor (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menegaskan agar para kapolres jangan ikut menjadi bagian permasalahan di daerah.

Jenderal Pol Idham Azis saat kegiatan Rakornas Forkopimda Indonesia Maju di SICC, Bogor, Rabu, mengatakan tugas sesungguhnya yang paling penting adalah mengamankan rencana pembangunan periode kedua Presiden Joko Widodo agar berjalan sesuai treknya, bukan malah membuat masalah.

Baca juga: Rakornas Forkopimda, Jokowi bersyukur pertumbuhan ekonomi terjaga

"Saya minta para kapolres tidak merupakan bagian dari permasalahan yang ada di daerah, karena juga bukan rahasia umum banyak juga kapolres minta proyek, nah ini bagian masalah dia," kata Idham Azis.

Ketika ada jajaran kepolisian yang diduga melakukan tindakan seperti yang disebutkannya, Kapolri meminta kepala daerah agar langsung melaporkan tindakan tersebut pada dirinya.

Baca juga: Presiden arahkan pimpinan daerah hati-hati hadapi insiden

"Kalau begitu, para gubernur, wali kota, bupati silakan hubungi saya nanti saya carikan pemain cadangan," katanya.

Prinsipnya, Polri posisinya memberikan pengawalan maksimal dalam rangka pelaksanaan seluruh kegiatan yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo, termasuk pembangunan yang sampai ke daerah-daerah.

Baca juga: Jokowi minta kebijakan jangan dikriminalisasi

"Bapak gubernur, bupati, wali kota, saya ingin memberikan gambaran di sini, kami Polri bisa menjadi rekan bapak-bapak untuk mengawal pelaksanaan pembangunan di daerah, konsultan yang solutif," ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden Jokowi akan gigit pengganggu agenda besar pemerintah

Komentar