Jakarta, (ANTARA News) - Dampak dari banjir air pasang atau rob di daerah Muara Baru kali ini bisa diminimalkan antara lain karena Pemerintah Kotamadya Jakarta Utara telah membangun berbagai saluran pembuangan air di sekitar pemukiman warga.

Menurut Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Atma Sanjaya, kepada wartawan di Jakarta, Senin, pembangunan saluran air yang biasa disebut gorong-gorong itu menyebabkan rob tidak lagi masuk ke tempat tinggal warga tetapi langsung dialihkan ke sejumlah kali.

Dengan demikian, ujar dia, diharapkan tidak terdapat lagi rumah warga di daerah Muara Baru yang tergenang oleh air pasang.

Sejumlah warga juga mengaku bahwa air rob sudah tidak setinggi lagi seperti sebelumnya antara lain karena terdapat pembangunan saluran pembuangan air tersebut.

Sebelumnya, acara simulasi penanggulangan bencana alam rob di kawasan Muara Baru pada Sabtu (10/1) diselenggarakan antara lain oleh Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Pengungsi DKI Jakarta.

Dari acara simulasi tersebut diketahui bahwa terdapat tiga posko banjir yang disiapkan yaitu di Kantor Kelurahan Penjaringan, depan Kantor Polsek Muarabaru, dan Posko Utama di Taman Laguna, Pluit.(*)

 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009