Putin harapkan kehadiran Trump pada Hari Kemenangan di Moskow

Putin harapkan kehadiran Trump pada Hari Kemenangan di Moskow

Presiden Rusia Vladimir Putin berjabat tangan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam sebuah pertemuan di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Osaka, Jepang, Jumat (28/6/2019). ANTARA FOTO/Sputnik/Mikhail Klimentyev/Kremlin via REUTERS/pd/cfo

Brasilia (ANTARA) - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dirinya berharap mitra Amerika Serikat (AS) Donald Trump dapat menghadiri acara peringatan Hari Kemenangan pada 9 Mei 2020 di Moskow.

Ia juga menyatakan bahwa Moskow siap terlibat pembicaraan dengan Washington.

Putin menyebutkan itu akan menjadi sesuatu yang "tepat" bagi Donald Trump untuk menghadiri acara peringatan kemenangan ke-75 Perang Dunia II di Moskow, bahkan saat presiden AS sedang dalam masa kampanye untuk masa periode kedua.

Putin akan memimpin parade tahunan pada 9 Mei, yang memperingati kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman sekaligus memanfaatkan kesempatan itu untuk memamerkan koleksi peralatan militer miliknya.

Pekan lalu Trump mengaku dirinya sedang mempertimbangkan untuk hadir dalam acara tersebut setelah mendapat undangan dari Kremlin.

Hubungan Rusia dengan Amerika Serikat merenggang pasca Perang Dingin, tetapi Trump dan Putin menjaga pandangan yang sama dalam hubungan baik mereka.

"Bahkan dalam masa kampanye pilpres kehadiran itu akan menjadi (sesuatu) yang tepat. Namun itu bukan keputusan kami," kata Putin, ketika ditanya mengenai kemungkinan kehadiran Trump.

Sumber : Reuters

Baca juga: Ribuan orang pawai perayaan Perang Dunia II di Moskow
Baca juga: Putin katakan siap berbincang dengan Donald Trump
Baca juga: Putin: Rusia akan berusaha keras perbaiki hubungan dengan AS

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Azis Kurmala
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ri minta Rusia dukung CPO dan buah tropis

Komentar