Pemprov DKI Jakarta dorong potensi budaya lewat Festival Pesona Lokal

Pemprov DKI Jakarta dorong potensi budaya lewat Festival Pesona Lokal

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah memberikan pernyataan pada awak media di Gedung DPRD DKI Jakarta, beberapa waktu yang lalu. ANTARA/Ricky Prayoga/am.

Pengerahan 50 orang petugas kebersihan, dua buah Mobil Toilet, dua buah Ambulans dan tim kesehatannya, pemeriksaan kesehatan gratis, 10 tim karnaval dari SMK/SMA, 5 tim lomba tari kreasi budaya, 10 orang siswa SMK/SMA untuk mengikuti lukis desain dan
Jakarta (ANTARA) - Pemprov DKI Jakarta menyatakan ingin mendorong dan menggiatkan potensi kearifan lokal untuk mempromosikan Jakarta melalui Festival Pesona Lokal Jakarta yang berkolaborasi bersama CSR swasta serta didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Pesona Indonesia).

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya mendukung acara yang bertempat di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno (GBK) Senayan pada Sabtu (16/11) ini dengan berbagai bentuk mulai dari rekayasa lalu lintas dan manajemen lalu lintas, pengerahan petugas Satpol PP Provinsi DKI Jakarta untuk pengamanan, publikasi dari Transjakarta, MRT, LED milik Pemprov DKI Jakarta.

"Pengerahan 50 orang petugas kebersihan, dua buah Mobil Toilet, dua buah Ambulans dan tim kesehatannya, pemeriksaan kesehatan gratis, 10 tim karnaval dari SMK/SMA, 5 tim lomba tari kreasi budaya, 10 orang siswa SMK/SMA untuk mengikuti lukis desain dan Perajin Batik Betawi," kata Saefullah.

Festival ini, meliputi Parade Karnaval Budaya, Lomba Tari Lokal Kontemporer, Lomba Desain Motif Khas Lokal Kontemporer pada media kipas, Kompetisi ala Selebgram Lokal, Festival Kuliner dan Foodtruck, dan permainan lokal serta bazaar aneka produk lokal. Tidak ketinggalan kegiatan ini juga akan dimeriahkan oleh artis ibukota Raisa, Zaskia Gotik, Abdul Idol, dan Efek Rumah Kaca.

Festival ini akan ditutup dengan penganugerahan, pertama penghargaan Kota Paling Mempesona kepada kota penyelenggara yang berhasil menampilkan pesona dan keunikan budaya lokal serta atraktivitas yang melibatkan masyarakat selama kegiatan berlangsung.

Kedua, Provinsi Paling Mempesona yang akan diberikan kepada Provinsi penyelenggara yang sukses dan berhasil memperlihatkan kekayaan budaya lokal yang beragam dan bervariasi dari provinsi tersebut, persembahan dari Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan Adira Finance.

"Festival Pesona Lokal mulai diadakan sejak tahun lalu. Ini adalah tahun kedua. Tahun lalu kita adakan di delapan kota. Dan tahun ini kami adakan di tujuh kota, di mana enam kota kami sudah laksanakan sejak bulan Agustus dan puncaknya adalah besok di Gelora Senayan. Di mana Festival Pesona Lokal ini di DKI Jakarta akan merangkum keberagaman budaya dari 6 kota sebelumnya, yaitu Medan, Denpasar, Surabaya, Bandung, Makassar, dan Yogyakarta," tutur Swandajani Gunadi, Direktur SDM dan Marketing Adira Finance.

Baca juga: Jakarta genjot pajak untuk hindari pembengkakan defisit anggaran

Baca juga: DKI lelang 12 jabatan tinggi madya dan pratama

 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar