Di antaranya kami akan cecar mengenai impor beras, jangan sampai seperti kemarin, bilangnya tidak impor tapi tiba-tiba masuk data impor sekian juta ton
Jakarta (ANTARA) - Komisi IV DPR akan mencecar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berbagai masalah termasuk impor beras dalam rapat kerja di Gedung DPR Jakarta, Senin.

"Di antaranya kami akan cecar mengenai impor beras, jangan sampai seperti kemarin, bilangnya tidak impor tapi tiba-tiba masuk data impor sekian juta ton," kata Ketua Komisi IV, Sudin.

Selain itu, Sudin juga mengatakan akan menanyakan beberapa perkembangan terkini mengenai ketahanan pangan di Indonesia ke depannya.

Fraksi Partai PDIP DPR juga akan meminta Mentan menjelaskan program prioritas dari Kementerian Pertanian dalam jangka waktu lima tahun ke depan.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo tiba di ruangan Komisi IV sekitar pukul 10.25 WIB.

Baca juga: Pakar : Produksi beras tahun 2019 diperkirakan turun akibat kekeringan

Menanggapi pernyataan dari Ketua Komisi IV DPR, Yasin Limpo santai menanggapi. "Ya tidak masalah, sudah kami siapkan mengenai data-data serta strategi impor beras," kata Mentan.

Kemudian Mentan juga menjelaskan akan lebih sering berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait data ketersediaan beras misalnya.

Baca juga: Produksi beras di Jabar tetap surplus di musim kemarau

Sehingga dengan adanya data yang akurat tersebut, Mentan akan melihat kebutuhan impor beras apakah harus membutuhkan pasokan tambahan atau tidak, sebab ia menilai kemarau panjang yang terjadi berpotensi mempengaruhi produktivitas panen padi yang ada.

Baca juga: Optimalisasi lahan rawa jaga produksi padi di musim kemarau panjang

 

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019