Jakarta (ANTARA) - Juara dunia Moto2 Alex Marquez baru saja mendapat mandat untuk mengisi kekosongan bangku pebalap di tim Repsol Honda untuk musim MotoGP 2020 dan bermitra dengan sang kakak, Marc Marquez.

Tim Repsol Honda akan diperkuat pasangan kakak dan adik itu setelah Honda pada Senin memutuskan untuk memilih Alex, dari tiga kandidat yang ada, setelah pensiunnya Jorge Lorenzo.

Pebalap berusia 23 tahun itu meraih gelar di Moto2 tahun ini, yang merupakan gelar keduanya setelah berjaya di Moto3 pada 2014, sedangkan Marc (26) membawa pulang gelar juara dunia MotoGP keenam kalinya.

Baca juga: Honda tarik Alex Marquez sebagai pengganti Lorenzo untuk musim 2020

Baca juga: Marc Marquez soal keputusan Honda dan sang adik di MotoGP 2020


Alex dan Marc menjadi satu-satunya pasangan saudara yang pernah meraih titel juara dunia dalam 70 tahun sejarah Kejuaraan Dunia MotoGP.

Beberapa yang lain telah mencoba dan memenangi Grand Prix, namun belum pernah meraih gelar juara dunia.

Seperti misalnya Felice Agostinia, adik dari juara dunia 15 kali Giacomo, finis peringkat ke-8 di balapan 250cc pada Grand Prix Nations 1975 di Imola.

Scott Doohan finis P12 di kelas 500cc membawa motor Harris Yamaha di GP Australia 1994 yang digelar di Eastern Creek. Saudaranya, Mick finis ketiga di seri pembuka tersebut di tahun di mana ia meraih gelar juara dunia 500cc pertamanya, demikian laman resmi MotoGP.

Kemudian dari keluarga Roberts, Kenny Junior merupakan juara dunia 500cc 2000. Kurtis, sang adik turun balapan di kelas premier bersama tim yang dimiliki ayahnya, namun hasil terbaik si anak bungsu keluarga Robert itu hanya lah finis P12 di GP Jerman 2007.

Keluarga Sarron dari Prancis juga menikmati gelar juara dunia lewat Christian yang menang enam Grand Prix 250cc dan berjaya di musim balapan 1984 meski belum mampu menandingi capaian keluarga Marquez.

Christian naik kasta ke seri 500cc dan memenangi GP Jerman 1985 di Hockenheim. Sang adik, Dominique menang empat seri balapan 250cc dan finis peringkat tiga di klasemen 1988.

Baca juga: Lorenzo setelah pensiun: Saya merasakan kebebasan seutuhnya

Baca juga: Hasil GP Valencia, Marquez tutup musim 2019 dengan sempurna


Tiga saudara kandung keluarga Aoki dari Jepang juga memiliki catatan di kejuaraan. Si bungsu Haruchika merupakan juara dunia 125cc pada 1995 dan 1996. Sementara si sulung, Nobuatsu hanya pernah menang satu kali di GP Malaysia di kelas 250cc pada 1993.

Sementara itu, Takuma nyaris menang di balapan 500cc GP Australia pada 1997 di Phillip Island jika saja Alex Criville tak menyentuh garis finis pertama dua detik lebih awal.

Juara dunia sembilan kali Valentino Rossi juga mendapati saudara tirinya, Luca Marini meraih kesuksesan di ajang Moto2, meski belum pernah meraih gelar juara dunia.

Pol dan Aleix Espargaro telah bertarung bersama di kelas premier dalam beberapa tahun terakhir. Sang adik Pol merupakan juara 15 seri di kelas 125cc dan Moto2 serta juara dunia Moto2 tahun 2013 sebelum hijrah ke MotoGP di tahun berikutnya menyusul sang kakak.

Aleix sementara itu belum pernah memenangi satu pun Grand Prix namun pernah mengemas sejumlah posisi pole dan finis podium di MotoGP.

Pebalap Afrika Selatan Brad Binder naik ke kelas premier bersama KTM setelah finis runner-up di klasemen Moto2 tahun ini. Sementara sang adik, Darryn berlaga di kelas Moto3.

Baca juga: Hari ini, tes pramusim Valencia awali kalender MotoGP 2020

Baca juga: Quartararo buktikan diri pesaing serius MotoGP


Membalap bersama di MotoGP adalah mimpi yang terwujud bagi keluarga Marquez. Tapi Marc mengaku senang sekaligus mengalami dilema.

"Pikiranku di satu sisi mengatakan jika ini adalah mimpi yang luar biasa, di sisi lain jika saya boleh jujur saya lebih memilih adikku berada di tim lain karena dia akan benar-benar mandiri.

"Tapi Honda mempertimbangkan jika seorang juara dunia moto2 bisa menjadi rekan satu timmu. Mereka bertanya kepada saya apakah itu bisa diterima, dan saya mengiyakan. Tentu saja, saya tak akan bilang tidak untuk adik saya," ungkap Marc.

Kini keduanya akan memusatkan perhatian dan energi mereka untuk memenangi gelar juara dunia musim depan. Akan menarik menyaksikan bagaimana ketatnya persaingan kasta teratas kejuaraan balap motor itu menguji batas sang adik dan kakak tahun depan.

Baca juga: Petronas Yamaha SRT gunakan dua mesin Spec-A Yamaha musim depan

Baca juga: KTM umumkan jajaran pebalap untuk musim 2020

Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019