Jakarta (ANTARA) - Gareth Southgate mengatakan bahwa performa timnas Inggris di Piala Eropa tahun depan kemungkinan akan menentukan apakah ia tetap melatih hingga Piala Dunia 2022.

"Itu akan sangat tergantung pada bagaimana kita mencapai musim panas mendatang," kata Southgate, yang akan terbang ke Qatar untuk menyaksikan para pemain Inggris di Liverpool yang berkompetisi di Piala Dunia Klub.

Qatar juga akan menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 2022.

Baca juga: Inggris tutup kualifikasi dengan kemenangan telak di Kosovo

"Ketika Anda memiliki sepekan seperti yang Anda alami, Anda merasa bahwa orang-orang berhenti mendukung Anda," tambahnya, merujuk pada respons negatif saat Southgate tidak memainkan Raheem Sterling karena masalah disiplin.

"Bila dukungan mulai berkurang, maka itu bisa mulai mempengaruhi tim. Saya realistis tentang seberapa cepat kondisi tim dapat berubah."

Southgate memimpin Inggris hingga ke semifinal Piala Dunia tahun lalu dan memuncaki grup Kualifikasi Piala Eropa 2020 untuk lolos ke putaran final.

Baca juga: Inggris gelar pesta gol menuju putaran final

Inggris dijadwalkan untuk memainkan pertandingan penyisihan grup mereka di Wembley, yang juga akan menjadi tuan rumah semifinal dan final.

Southgate sendiri sadar bahwa ekspektasi terhadapnya dan Inggris sangatlah tinggi.

"Kami menangani ekspektasi selama 18 bulan terakhir dengan baik," katanya yang dilansir Reuters pada Selasa.

"Kegembiraan saat berhasil mengamankan kualifikasi sedikit berkurang, karena saya mengharapkan kami untuk memenangkan pertandingan ini dan saya selalu mencari cara untuk menjadi lebih baik ... Bagi saya, ini tentang target selanjutnya dan saya tahu kami akan selalu dinilai di turnamen musim panas."

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019