Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meraih penghargaan sebagai lembaga zakat pelayanan terbaik untuk kelompok lembaga filantropi dalam pagelaran Anugerah Syariah Republika (ASR) 2019 yang diadakan di JW Marriott, Jakarta, Selasa.

“Semoga ini menjadi sebuah dorongan untuk kita agar bisa memberikan yang lebih baik lagi untuk umat terutama terkait zakat,” kata Ketua BAZNAS Bambang Sudibyo.

Bambang menambahkan BAZNAS berterima kasih atas penghargaan yang diberikan karena ini merupakan wujud dari semakin dipercayanya BAZNAS oleh masyarakat dalam membantu mereka yang mengalami kesulitan dengan menggunakan dana ZIS.

“Penghargaan ini akan memacu kinerja BAZNAS, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/Kota dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) untuk makin meningkatkan program-program pemberdayaan dalam upaya emberantasan kemiskinan melalui dana ZIS,” ujarnya.

BAZNAS memenangkan penghargaan tersebut berkat program-program pemberdayaan masyarakat berbasis dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) yang mampu dikelola dengan baik dan dapat dirasakan dampaknya secara langsung oleh penerima manfaat.

Dewan juri menilai program-program unggulan BAZNAS seperti Zakat Community Development (ZCD), BAZNAS Microfinance Desa, Rumah Sehat BAZNAS, dan Pemberdayaan Ekonomi Mustahik telah masuk dalam kriteria penilaian yang sudah ditentukan sebelumnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Juri ASR 2019 Nurhasan Murtiaji menyebutkan kriteria penilaian untuk kelompok lembaga filantropi dilihat melalui substansi amal jariah yang berdasarkan nilai-nilai Islam, program-program zakat, infak, sedekah, wakaf yang kreatif dan membumi, dampak sosial-ekonomi dan pendidikan yang ditimbulkan, hingga inovasi-inovasi dalam memberdayakan masyarakat.

“Penilaian juga didasarkan pada kualitas layanan, edukasi, sosialisasi, dan menyatunya dengan masyarakat,” katanya.

Acara ASR 2019 diselenggarakan oleh Harian Republika dengan memberikan penghargaan tertinggi kepada tokoh, institusi, dan industri keuangan syariah yang telah berkontribusi aktif dalam membangun ekonomi bangsa dan kebangkitan perekonomian umat.

“Acara ASR ini juga sekaligus menjadi ajang silaturahmi antarindustri syariah di Indonesia. Semoga pertemuan ini menguatkan jejaring agar industri syariah semakin kuat,” kata Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi.

Ketua Pelaksana ASR 2019 Elba Damhuri mengatakan gelaran yang bertema Industri Syariah untuk Kebangkitan Perekonomian Umat merupakan sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong pengembangan industri syariah di tanah air.

“Dilaksanakannya penghargaan ini diharapkan dapat menjadi pemicu pelaku usaha untuk lebih gencar mengembangkan industri syariah di Indonesia,” ujarnya.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019