Birmigham, Inggris (ANTARA) - Pemimpin Partai Buruh Inggris Jeremy Corbyn mengatakan, Kamis, tak ada seorang pun kebal hukum dan bahwa siapa pun yang berbuat salah semestinya terbuka untuk diperiksa, katanya soal Pangeran Andrewa.

Ia menjawab pertanyaan mengenai apakah Pangeran Andrew sebaiknya membuat pernyataan kepada pihak berwenang Amerika Serikat.

"Pengungkapan mengenai (terdakwa pelanggar seks Jeffrey) Epstein mengerikan dan saya pikir kita semestinya mulai dengan prinsip bahwa ada sejumlah korban di sini - wanita muda yang putus asa yang diperlakukan kejam dan mengerikan," kata Corbyn.

"Tak seorang pun kebal hukum dan siapa pun yang berbuat sesuatu seyogyanya terbuka untuk dimintai keterangan dan menjalani investigasi mengenai hal itu," kata dia ketika ditanya apakah Andrew sebaiknya secara sukarela memberikan pernyataan kepada pihak berwenang AS. Pangeran Inggris itu pada Rabu mengundurkan diri dari tugas-tugas kemasyarakatan. Ia mengatakan kontroversi yang dihubung-hubungkan dengan pertemanannya dengan Epstein, "yang disalahartikan", sudah sangat mengganggu tugas-tugas keluarga kerajaan.

Andrew, putera kedua Ratu Elizabeth, membantah tuduhan bahwa ia menjalin hubungan seks dengan seorang remaja berusia 17 tahun yang disediakan untuknya oleh temannya, Epstein.

Epstein bunuh diri di sebuah penjara AS pada Agustus sementara menunggu peradilan atas dakwaan perdagangan seks.

Sumber: Reuters

Baca juga: Pangeran Inggris Andrew bantah tuduhan soal hubungan seksual

Baca juga: Pangeran Harry tuntut dua tabloid Inggris karena menyadap telepon

Baca juga: Yayasan pangeran Inggris hentikan terima bantuan dari Huawei

 

Pangeran Andrew Kunjungi Wapres

 

Penerjemah: Mohamad Anthoni
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2019