Tentu konsekuensi logis semakin meningkat. CEPA membawa kita melangkah lebih maju dari segi fasilitas, kemudahan akses opprtunity, dan market. Ini win win solution yang bisa meningkatkan tidak hanya trading tetapi juga ekonomi kita secara keseluruhan
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga optimistis Indonesia-Chile Comprehensive Economic Partnership Agreement (IC-CEPA) dapat meningkatkan volume perdagangan kedua negara.

“Dengan adanya IC CEPA kami optimistis bisa mendongkrak perdagangan yang lebih sehat, surplus dan volume perdagangan semakin meningkat,” kata Jerry ditemui di Jakarta, Selasa.

Melalui fasilitas yang diberikan pada kerja sama komprehensif tersebut, maka bukan hanya potensi perdagangan kedua negara yang ditingkatkan, namun juga investasi.

Dalam hal ini, Jerry mengandalkan investasi di sektor jasa antara kedua negara, sehingga berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi nasional.

“Tentu konsekuensi logis semakin meningkat. CEPA membawa kita melangkah lebih maju dari segi fasilitas, kemudahan akses opprtunity, dan market. Ini win win solution yang bisa meningkatkan tidak hanya trading tetapi juga ekonomi kita secara keseluruhan,” ungkap Jerry.

Terkait jarak yang jauh antara kedua negara, Jerry menyampaikan bahwa hal tersebut dapat diatasi dengan CEPA, di mana fasilitas tarif yang diberikan diharapkan mampu memangkas biaya logistik yang dikeluarkan kedua negara.

“Soal logistik, karena ada ini jadi ada kemudahan, dan penurunan biaya lain. Ya justru kita dapatkan dengan IC CEPA ini,” kata Jerry.

IC CEPA merupakan kerangka perjanjian bilateral dalam upaya membuka akses pasar non-tradisional di kawasan Amerika Latin yang merupakan daerah tujuan ekspor yang sangat potensial bagi Indonesia

IC CEPA membuat 7.669 produk Indonesia yang masuk ke Chile dihapuskan tarifnya. Beberapa produk mendapatkan penghapusan tarif hingga 0 persen.

Produk-produk tersebut di antaranya merupakan produk pertanian, perikanan, manufaktur, produk kertas, komponen elektronik, buah-buahan dan tekstil.

Pada 2018 total perdagangan Indonesia dengan Chile sebesar 274,1 juta dolar AS. Dari nilai tersebut, Indonesia mengekspor sebesar 159 juta dolar AS dan mengimpor sebanyak 115 juta dolar AS.

Baca juga: Kemendag sosialisasikan IC-CEPA bagi pelaku usaha di Bali

Baca juga: Indonesia ingin jadikan Chile sebagai "hub" di Amerika Selatan

Baca juga: Chile akan kenakan tarif nol persen untuk sejumlah produk Indonesia


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019