Untuk menjadi SDM unggul tentu harus dimulai dari pemerintahannya, dari SDM di pemerintahannya,
Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia (RI), Juliari P. Batubara membangun koordinasi di lingkungan Kemensos untuk mendorong tujuan bersama mewujudkan sumber daya manusia (SDM) dan birokrasi yang unggul.

"Targetnya untuk koordinasi seluruh pejabat di lingkungan Kemensos," katanya dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kelembagaan, SDM Perangkat Daerah Urusan Sosial dan Pengelola Kepegawaian di Kemensos Jakarta, Rabu.

Ia mengemukakan bahwa rakor tersebut ditujukan untuk menyatukan persepsi dalam mendukung rencana presiden untuk mendorong SDM Indonesia menjadi SDM yang lebih unggul.

Baca juga: Negara lain pelajari PKH bukti Indonesia berhasil turunkan kemiskinan

Untuk mewujudkan SDM yang unggul, tambahnya Kemensos juga harus mulai meningkatkan kualitas birokrasi di lingkungan kementerian tersebut.

"Untuk menjadi SDM unggul tentu harus dimulai dari pemerintahannya, dari SDM di pemerintahannya, di birokrasinya. Kalau birokrasinya bisa menjadi birokrasi yang lebih unggul, otomatis nanti rakyat di luar pemerintahan juga akan terpacu," jelasnya.

"Jadi ini menjadi bagian kecil dari persiapan ke arah sana," katanya.

Semangat yang ingin dibangun dalam acara itu adalah semangat positif agar pegawai di lingkungan Kemensos terpacu untuk memberi pelayanan yang lebih baik.

Baca juga: Mensos: Kader KSB jadi ujung tombak di daerah rawan bencana

"Semangat untuk menularkan semangat-semangat positif untuk bekerja lebih produktif," tambahnya.

Mensos mengemukakan dirinya yakin secara bertahap para pegawai di kementeriannya dapat mulai menumbuhkan semangat kerja yang lebih produktif.

"Harus optimistis. Kalau enggak optimistis nanti enggak jalan masalahnya," ujarnya.

Rapat koordinasi Kemensos tersebut diikuti oleh sekitar 300 peserta yang berasal dari pejabat di lingkungan Kemensos, dinas sosial daerah dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) biro organisasi daerah.

Baca juga: Rawan bencana, Mensos minta rutin simulasi

Pewarta: Katriana
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019