Polda Malut instruksikan jajarannya berikan rasa aman jelang Natal

Polda Malut instruksikan jajarannya berikan rasa aman jelang Natal

Kapolda Maluku Utara, Brigjen Pol Suroto. ANTARA/Abdul Fatah/am.

Ternate (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Utara (Malut) menginstruksikan kepada seluruh jajarananya di Polres kabupaten/kota untuk intensif melakukan pengamanan jelang Natal dan tahun 2020, guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Kapolda Malut, Brigjen Pol Suroto di Ternate, Sabtu, menyatakan telah mengeluarkan instruksi kepada seluruh Kapolres di Polda Malut untuk selalu memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 mendatang.

"Kami menjamin keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat, terutama yang merayakan Natal dan tahun baru di Malut," kata Kapolda.

Selain mengeluarkan perintah ke personelnya, Polda akan selalu memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Oleh karena itu, Kapolda meminta para Kapolres agar mencegah masuknya petasan berdaya ledak tinggi, sehingga kenyamanan bisa terasa selama Natal dan tahun baru di Malut.

Dia mengakui, kalau masuknya petasan dengan bahan peledak, bisa mengganggu kenyamanan warga, sehingga hal tersebut harus diantisipasi sedini mungkin.

Sementara itu, PT Pelayaran Nasional (Pelni) menyatakan, aktivitas pelayaran dari berbagai daerah di Maluku Utara (Malut) dan kota lainnya di Indonesia terlihat normal, terutama dalam pelayanan dan kenyamanan bagi penumpang.

Kepala Cabang Pelni Ternate, Oskar yang dihubungi sebelumnya mengatakan, PT Pelni intensif terutama dalam persiapkan armada, meskipun, di Kota Ternate tidak terlalu signifikan untuk lonjakan penumpang.

Menurut dia, ada lima armada yang selalu siap dioperasikan terutama KM Tatamailau beroperasi di Pelabuhan Tidore dan 4 armada stay di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate yaitu, Dorolonda, Sinabung, Sangiang dan Lambelu.

Sedangkan, menjelang Hari Raya Natal dan menyambut tahun baru (Nataru) 2020, terutama kunjungan berbagai daerah di Malut yang hendak mengunjungi di daerah yang dituju, terutama bagi penumpang Kota Ternate yang akan ke daerah asalnya untuk merayakan Natal di daerah mereka masing-masing.

Oleh karena itu, PT Pelni (Persero) cabang Ternate melakukan peningkatan pelayanan bagi penumpang yang telah siapkan lima unit kapal Pelni menjelang Natal dan Tahun Baru 2020.

"Untuk penambahan armada kemungkinan tidak ada, karena angka penumpang dari Kota Ternate tidak terlalu signifikan terkecuali untuk Papua dan Kota Bitung serta Manado," ujarnya.

Baca juga: Pemerintah siap mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2019

Baca juga: Pengunjung TMII saat libur Natal-Tahun Baru capai 500 ribu orang

Baca juga: Ormas Islam Maluku Utara bantu pengamanan gereja


Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pertamina Siap Hadapi Natal dan Tahun Baru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar