Liga Inggris

Bulan madu Mourinho berlanjut, Tottenham bekap Bournemouth

Bulan madu Mourinho berlanjut, Tottenham bekap Bournemouth

Manajer Tottenham Hotspur Jose Mourinho mengacungkan jempol seusai mengalahkan Bournemouth dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, London, Inggris, Sabtu (30/11/2019). (ANTARA/REUTERS/Andrew Couldridge)

Jakarta (ANTARA) - Masa bulan madu Jose Mourinho sebagai manajer baru Tottenham Hotspur berlanjut ketika tim London itu membekap tamunya Bournemouth 3-2 dalam laga pekan ke-14 Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, Sabtu.

Hasil itu jadi menjaga catatan sapu bersih kemenangan dalam tiga pertandingan pertama Tottenham bersama Mourinho di semua kompetisi.

Baca juga: Mourinho undang anak gawang Spurs untuk makan siang bersama

Bamidele Alli mencetak dua gol dalam kemenangan tersebut disusul gol akrobatik Moussa Sissoko, namun Bournemouth membalas lewat dwigol Harry Wilson yang masuk sebagai pemain pengganti, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kemenangan itu mengangkat posisi Tottenham ke peringkat kelima klasemen dengan raihan 20 poin, sedangkan Bournemouth (16) harus rela turun ke urutan ke-12.

Tottenham tampil cukup sabar mengawali pertandingan hingga bisa membuka keunggulan pada menit ke-21 lewat gol Alli.

Berawal dari umpan jauh Toby Alderweireld yang bisa dikejar Son Heung-min, legiun Korea Selatan itu bersikap tak egois dan memutuskan menyodorkan bola kepada Alli yang mudah menyonteknya demi menjebol gawang Bournemouth.

Pada menit ke-27, Davinson Sanchez sempat menyarangkan bola lagi ke gawang Bournemouth, namun golnya dianulir sebab bola umpan dari Sissoko terlebih dulu mengenai tangan mantan bek Ajax itu.

Setelah turun minum dalam keadaan unggul 1-0, Tottenham tak mengendurkan serangan mereka hingga lima menit memasuki babak kedua keunggulan tuan rumah berganda lewat gol kedua Alli.

Proses gol itu kembali berawal dari umpan jauh kiriman Alderweireld yang kali ini diterima langsung oleh Alli yang diteruskan dengan merangsek melewati hadangan Jack Stacey dan Steve Cook sebelum menceploskan bola ke gawang Bournemouth.

Keunggulan Tottenham bertambah lagi pada menit ke-69 lewat gol cantik Sissoko yang melakukan tembakan akrobatik dari sudut sempit demi menyambut bola lambung kiriman Heung-min.

Baca juga: Laga debut Jose Mourinho bersama Tottenham berakhir manis

Empat menit kemudian Bournemouth memperoleh gol hiburan mereka dari eksekusi tendangan bebas Wilson, ketika bola tembakan pemain pinjaman Liverpool itu melengkung melewati pagar hidup dan tak terjangkau kiper Paulo Gazzaniga sebelum memantul di bagian bawah mistar gawang dan menjadi gol.

Waktu pertandingan kian menipis dan alih-alih menjaga keunggulan dua gol, gawang Tottenham malah dibobol lagi oleh Wilson yang menembak bola dari tengah-tengah kotak penalti pada menit keenam injury time. VAR sempat meninjau gol tersebut sebelum memastikan keabsahannya.

Kemenangan Tottenham bahkan hampir tergelincir dari genggaman mereka jika saja Jan Vertonghen tak menghentikan pergerakan Callum Wilson yang merangsek ke muka gawang semenit berselang. Tindakan Vertonghen itu sekaligus memastikan kemenangan Tottenham 3-2 atas Bournemouth.

Baca juga: Manchester City gagal pangkas jarak usai ditahan imbang Newcastle 2-2

Susunan pemain:

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Paulo Gazzaniga; Serge Aurier, Toby Alderweireld, Davinson Sanchez, Jan Vertonghen; Tanguy NDombele (Lucas Moura), Eric Dier; Moussa Sissoko, Bamidele Alli (Harry Winks), Son Heung-min (Giovani Lo Celso); Harry Kane
Pelatih: Jose Mourinho

Bournemouth (4-4-2): Aaron Ramsdale; Jack Stacey, Nathan Ake, Steve Cook, Diego Rico; Ryan Fraser (Harry Wilson), Jefferson Lerma, Lewis Cook (Dan Gosling), Arnaut Groeneveld; Dominic Solanke, Callum Wilson
Pelatih: Eddie Howe

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar