NATO nyatakan akan menanggapi setiap serangan terhadap Polandia-Baltik

NATO nyatakan akan menanggapi setiap serangan terhadap Polandia-Baltik

Sekjen NATO Jens Stoltenberg memasuki kantor pusat NATO yang baru di Brussels, Belgia, Senin (7/5/2018). (REUTERS/Francois Lenoir)

Warsawa, Polandia (ANTARA) - Aliansi NATO akan menanggapi setiap serangan terhadap negara Baltik atau Polandia, kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg di dalam satu wawancara yang disiarkan pada Selasa.

"Melalui kehadiran pasukan NATO di Polandia dan negara Baltik, kami mengirim sinyal sangat kuat kepada Rusia: jika ada serangan terhadap Polandia atau negara Baltik, seluruh aliansi akan menanggapi," kata Stoltenberg sebelum pertemuan puncak NATO.

NATO "tidak memiliki daftar musuh" tapi aliansi itu akan menanggapi ketika diperlukan, kata Stoltenberg kepada sekelompok surat kabar, termasuk harian Polandia Rzeczpospolita, surat kabar Jerman Suddeutsche Zeitung dan koran Spanyol El Pais.
Baca juga: PM Polandia: Komentar pedas presiden Prancis soal NATO 'berbahaya'
Amerika Serikat telah mendesak Turki agar memberi dukungan buat rencana pertahanan NATO buat Baltik dan Polandia, demikian laporan Reuters --yang dipantau Antara di Jakarta, Sealsa. Turki sejauh ini telah menolak, dan mengatakan NATO mesti memberi Ankara lebih banyak dukungan politik dalam perangnya melawan milisi Kurdi di Suriah.

Stoltenberg mengatakan ia tidak menentang pendirian pertahanan yang lebih kuat di Uni Eropa tapi mengatakan tidak masuk akal untuk berusaha menggantikan NATO.

Sumber: Reuters
Baca juga: Ukraina, Polandia, Lithuania bentuk unit militer gabungan
Baca juga: NATO siap tanggapi pelanggaran rudal oleh Rusia
​​​​​​​
Baca juga: Ukraina gelar latihan militer gabungan dengan AS dan NATO

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Egy Maulana gabung klub sepakbola Polandia

Komentar