Jakarta (ANTARA) - Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di DPR RI Jazuli Juwaini mengatakan akan membentuk tim kajian Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Ia berharap dengan adanya tim tersebut bobot pernyataan yang disampaikan PKS nanti betul-betul sesuatu yang berkelas dalam rapat-rapat di Komisi II DPR RI.

Baca juga: Pengamat: Wacana evaluasi pilkada perlu pengkajian menyeluruh

"Kami lagi bikin tim kajian, baik dari Komisi II DPR RI dari PKS maupun mengundang pakar. Kami ingin apa yang disampaikan PKS itu berkelas," ujar Jazuli dalam rapat kerja Fraksi PKS di Hotel Grand Sahid Jakarta, Rabu.

Jazuli mengatakan, tim kajian tersebut akan membandingkan antara maslahat dan mudarat antara pilkada secara langsung yang terjadi saat ini dengan pemilihan umum yang dilakukan oleh anggota legislatif di daerah (DPRD).

Baca juga: Menyoroti potensi kerawanan Pilkada 2020

Dengan demikian, diharapkan apa yang menjadi perhatian masyarakat di dalam perjalanan demokrasi bangsa dan negara diperhitungkan matang-matang sehingga menguntungkan bagi masyarakat.

"Apakah kepala daerah kabupaten/kota dipilih DPRD atau hanya provinsi yang dipilih DPRD sebagai perpanjangan pemerintah pusat. Apakah kepala daerah provinsi langsung ditunjuk oleh Pemerintah Pusat, atau masih tetap seperti sekarang ini atau ada evaluasi. Itu sudah satu paket dalam tim kajian," ujar dia.

Baca juga: Akademisi nilai pilkada langsung masih relevan asal dibarengi edukasi

Sementara itu, rapat kerja Fraksi PKS di Hotel Grand Sahid, Kamis (5/12) rencananya akan diikuti oleh Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Politik Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Bahtiar.

Menurut Kepala Bagian Humas Kementerian Dalam Negeri Aang Witarsa Toriq melalui keterangan tertulis yang diterima Rabu, Bahtiar diagendakan hadir sebagai pembicara dalam rangka silaturahim dan koordinasi dengan Fraksi PKS DPR RI dengan pimpinan FPKS dan pimpinan DPRD Provinsi se-Indonesia.

Baca juga: Komisi II DPR tampung masukan terkait sistem Pilkada

Pertemuan rapat kerja itu juga akan dihadiri oleh Presiden PKS Sohibul Iman. Menurut Jazuli Juwaini, Presiden PKS besok akan menggelar konferensi pers pada pukul 11.00 WIB untuk membahas salah satunya terkait masalah pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Besok (Kamis, 5/12) Presiden PKS pukul 11.00 WIB ya. Ada konferensi pers lagi besok," kata Jazuli.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019