Diharapkan, rakernas ini akan menjadi spirit bagi terlaksananya kongres yang tenang, tertib, dan bermartabat, kata dia
Jakarta (ANTARA) - Partai Amanat Nasional (PAN) direncanakan melaksanakan rapat kerja nasional (Rakernas) ke-5 di Jakarta, Sabtu (7/12) untuk membahas pelaksanaan kongres partai tahun 2020.

Ketua Steering Committee Rakernas PAN Saleh Partaonan Daulay mengatakan agenda rakernas secara spesifik akan menetapkan tempat dan jadwal pelaksanaan Kongres PAN.

"Diharapkan, rakernas ini dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan yang diagendakan. Rakernasnya sendiri akan dilaksanakan 7 Desember ini, di salah satu hotel di kawasan Tanah Abang, Jakarta," kata Saleh dalam pesan tertulis di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan, rakernas akan diikuti oleh peserta yang terdiri dari pengurus harian DPP PAN, ketua MPP, ketua Mahkamah Partai, ketua dan sekretaris DPW serta ketua-ketua DPD se-Indonesia yang akan diundang sebagai peninjau.

Baca juga: PAN gelar Rakernas awal Desember tentukan waktu Kongres

Sementara itu, anggota legislatif dan kader yang menduduki jabatan di eksekutif juga akan diundang.

"Diharapkan semuanya dapat memberikan masukan yang konstruktif bagi persiapan pelaksanaan kongres yang akan datang," jelas dia.

Dia mengatakan, dalam AD/ART PAN disebutkan bahwa masa bakti setiap kepengurusan adalah selama-lamanya lima tahun.

Atas dasar itu, di dalam rapat panitia pengarah beberapa hari yang lalu, kata dia, telah ditetapkan bahwa pelaksanaan kongres akan dilaksanakan pada kisaran Februari dan Maret 2020.

Baca juga: Bima Arya masih pelajari kondisi internal PAN hadapi kongres 2020

Sementara tanggal pelaksanaannya diserahkan pada permusyawaratan di rakernas nanti.

Terkait pelaksanaan kongres, DPP PAN memberikan kesempatan kepada seluruh wilayah untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah dengan mengajukan surat kesediaan dan proposal menjadi tuan rumah.

Baca juga: PAN bertemu pimpinan parpol bahas UU kontrovesial dan Pemilu 2024

Setelah itu, DPP PAN nantinya akan memilih beberapa di antaranya yang dinilai memiliki kualifikasi berdasarkan proposal yang diajukan. Beberapa wilayah tersebut selanjutnya dibawa ke rakernas untuk dipilih salah satu di antaranya sebagai tuan rumah.

“Mudah-mudahan semua berjalan lancar. Dari agenda yang ada, tidak ada yang rumit untuk diputuskan. Diharapkan, rakernas ini akan menjadi spirit bagi terlaksananya kongres yang tenang, tertib, dan bermartabat," kata dia.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019