SEA Games 2019

Thailand-Filipina jadi ancaman Indonesia di balap sepeda nomor TTT

Thailand-Filipina jadi ancaman Indonesia di balap sepeda nomor TTT

Pebalap Indonesia Aiman Cahyadi melakukan recovery sebelum turun di nomor TTT SEA Games 2019 Filipina. ANTARA/Instagram@aiman_cahyadi

Manila, Filipina (ANTARA) - Tim balap sepeda putra Indonesia bakal berjuang untuk mengejar emas di nomor team time trial (TTT) SEA Games 2019 di Praying Hans Monumen, Tagaytay City, Filipina, Jumat (7/12) dan Thailand serta tim tuan rumah dinilai bakal menjadi ancaman.

"TTT diikuti lima negara. Saya melihat Thailand dan Filipina bakal menjadi saingan terberat kita," kata manajer tim balap sepeda Indonesia, Budi Saputra saat dikonfirmasi dari Manila, Jumat.

Menurut dia, pebalap dari dua negara tersebut dinilai cukup berpengalaman dan khusus untuk tim tuan rumah lebih menguasai karakter lintasan yang bakal dilalui. Balapan bakal menempuh jarak 80 km.

Baca juga: Sports science jadi kunci Aiman Cahyadi rebut emas

Pada TTT, Indonesia akan menurunkan empat pebalap terbaik yaitu Aiman Cahyadi, Robin Manullang dan Odie Setiawan yang ketiganya dari tim PGN Road Cycling Team (PRCT) dan Muhammad Abdurrohman dari KFC Cycling Team.

"Insyaallah besok medali. Mohon dukungannya," kata pria asal Purwokerto, Jawa Tengah itu.

Analisa sang manajer memang patut diperhitungkan karena tuan rumah Filipina menurunkan pebalap yang sudah kenyang pengalaman yaitu Ronald Oranza, Jhon Mark Camingao, Jan Paul Morales dan George Luis Oconer.

Baca juga: Kecerdikan Ayustina berbuah medali untuk Indonesia

Sedangkan Thailand akan menurunkan Thurakit Boonratanathanakorn, Peerapol Chawchiangkwang, Sarawut Sirironnachai dan Navuti Upongyu. Dua negara peserta lain yang berpartisipasi adalah Malaysia dan Vietnam.

Budi menjelaskan, pebalap yang turun pada TTT dipastikan bakal bekerja keras karena lintasan balap yang akan dilalui mayoritas tanjakan. Untuk itu dibutuhkan pebalap yang mempunyai kemampuan kuat di tanjakan maupun di lintasan datar.

Baca juga: Kecerdikan Ayustina berbuah medali untuk Indonesia

Sementara itu salah satu pebalap Indonesia Aiman Cahyadi mengaku sudah siap untuk kembali memberikan yang terbaik untuk kontingen Indonesia setelah sebelumnya meraih medali emas pada nomor individual time trial (ITT).

"Inshaallah kita berusaha dulu. Untuk hasil serahkan sama yang Maha Kuasa," kata Aiman Cahyadi saat dikonfirmasi sebelumnya.

Tim balap sepeda Indonesia pada SEA Games 2019 menargetkan tiga medali. Hanya saja hingga saat ini baru satu medali emas. Tambahan emas berpeluang dari nomor TTT dan individual road race putra serta dari BMX.
 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kilas Balik 2019 - Desember: Dari prestasi Indonesia di SEA Games 2019 hingga peresmian tol pertama Kalimantan

Komentar