SEA Games 2019

Dari Tagaytay, Indonesia tambah perak dari balap sepeda

Dari Tagaytay, Indonesia tambah perak dari balap sepeda

Pelatih muda balap sepeda Indonesia, Rastra Patria berpose bersama tim balap sepeda Indonesia usai meraih perak SEA Games 2019. ANTARA/HO/PB ISSI

Tagaytay, Filipina (ANTARA) - Cabang balap sepeda kembali menyumbangkan medali bagi kontingen Indonesia setelah nomor road race klasifikasi tim putra meraih perak pada SEA Games 2019 di People's Park Palace in the Sky, Tagaytay Filipina, Minggu.

Klasifikasi tim ditentukan oleh tiga pebalap masing-masing negara yang finis tercepat. Untuk Indonesia, tiga pebalap yang finis terdepan adalah Jamalidin Novardianto, Sendy Nur Hasan dan Aiman Cahyadi. Total catatan waktu pebalap binaan PGN itu adalah 10 jam sembilan menit sembilan detik.

Baca juga: Tim balap Indonesia raih perak setelah kalah tipis dari Thailand

Pada klasifikasi tim, medali emas direbut oleh tim Thailand dengan total catatan waktu 10 jam tujuh menit lima detik dan medali perunggu direbut oleh tim tuan rumah Filipina dengan total catatan waktu sepuluh jam 14 menit 50 detik.

Untuk nomor individual road race (IRR), pebalap Indonesia yang diturunkan, yaitu Jamalidin Novardianto, Sendy Nur Hasan, Aiman Cahyadi, Robin Manullang, dan Odie Setiawan belum bisa bicara banyak karena terlempar dari tiga besar.

Pada IRR, pebalap Thailand Sarawut Sirironnachai menjadi yang tercepat dan berhak mendapat medali emas. Dia mampu membukukan catatan waktu tiga jam 21 menit 11 detik untuk menempuh jarak 130,4 km dengan kecepatan rata-rata 38,89 km/jam.

Baca juga: Kecerdikan Ayustina berbuah medali untuk Indonesia

Baca juga: Sports science jadi kunci Aiman Cahyadi rebut emas


Untuk medali perak direbut olah pebalap asal Laos, Ariya Pounsavath. Catatan waktu peraih emas nomor yang sama pada SEA Games 2013 Naypyitaw, Myanmar ini adalah tiga jam 21 menit 20 detik dan perunggu direbut pebalap Singapura Choon Huat Goh dengan waktu tiga jam 21 menit 40 detik.

Pebalap Indonesia hanya mampu finis di posisi empat lewat Jamalidin Novardianto dengan catatan waktu tiga jam 22 menit 13 detik dan disusul Sendy Nur Hasan di posisi enam dengan waktu tiga jam 22 menit 43 detik. Jumlah peserta sendiri sebanyak 39 pebalap.

Dengan berakhirnya nomor IRR, harapan Indonesia untuk mengejar medali emas dari cabang balap sepeda tinggal berharap dari nomor BMX putra. Ada dua nama yang diandalkan untuk meraihnya yaitu I Gusti Bagus Saputra dan Rio Akbar.

Hingga hari kedelapan SEA Games 2019, cabang balap sepeda baru menyumbangkan satu medali emas, tiga perak dan dua perunggu. Target di SEA Games 2019 adalah tiga medali emas.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sejumlah catatan penting pada Tour De Singkarak 2019

Komentar