Padang, (ANTARA) - Ketua Bapilu DPD PDI Perjuangan Sumatera Barat Syamsul Bahri menyebutkan tiga tokoh yakni Mulyadi, Reydonnyzar Moenek dan Suherman mendaftarkan diri mereka maju dalam Pilkada Sumbar 2020 melalui partai tersebut.

"Ketiganya mendaftarkan diri sebagai calon gubernur dalam ajang Pilkada Gubernur Sumbar nanti," kata dia di Padang, Senin.

Baca juga: KPU Sumbar nilai baliho sosialisasi calon sah-sah saja

Ia mengatakan Ketua Partai Demokrat Sumatera Barat Mulyadi mendaftarkan dirinya pada Kamis (28/11) kemudian besoknya Jumat (29/11) mengembalikan formulirnya.

Partai Demokrat sendiri memiliki 10 kursi di DPRD Sumbar dan hanya membutuhkan tiga kursi tambahan untuk mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pilkada Sumbar 2020.

Kemudian dua tokoh lainnya yakni Reydonnyzar Moenek merupakan Sekjen DPD RI dan juga pernah menjabat sebagai Plt Gubernur Sumatera Barat.

Sebelumnya dirinya juga telah mendaftar kepada beberapa partai dan dirinya mengembalikan formulir ke PDI Perjuangan pada Jumat (29/11).

Setelah itu, Suherman juga mengembalikan formulir pendaftaran pada Senin (25/11).

Baca juga: Mau maju pilkada Sumbar, Faldo minta MK prioritaskan gugatannya

Selanjutnya nama-nama tersebut akan diundang ke DPP PDI Perjuangan untuk mengikuti sejumlah tes.

"Mereka yang terbaik akan direkomendasikan DPP kepada kita untuk kita dukung atau usung dalam Pilgub nanti," kata dia.

Sebelumnya DPD PDI Perjuangan Sumatera Barat membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah yang akan bertarung dalam Pilkada Sumbar 2020.

Mereka membuka pendaftaran selama lima hari dimulai dari 25 hingga 30 November 2019.

"Kita membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah baik untuk Pilkada kota dan kabupaten serta Pilkada Sumbar," katanya.

Baca juga: KPU usulkan anggaran Pilkada Sumbar 2020 sebesar Rp143,7 miliar

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019