Liga Champions

Olympiakos amankan tiket Liga Europa lewat penalti di penghujung laga

Olympiakos amankan tiket Liga Europa lewat penalti di penghujung laga

Penyerang Olympiakos Youssef El-Arabi mengeksekusi penalti demi mencetak gol ke gawang Red Star Belgrade dalam laga pemungkas Grup B Liga Champions di Stadion Georgios Karaiskakis, Piraeus, Yunani, Rabu (11/12/2019) waktu setempat. (ANTARA/AFP/Aris Messinis)

Jakarta (ANTARA) - Tendangan penalti yang dieksekusi Youssef El-Arabi mengamankan satu tiket ke babak 32 besar Liga Europa untuk klub Yunani, Olympiakos.

Pasalnya, penalti tiga menit jelang bubaran itu memastikan Olympiakos menang 1-0 atas tamunya Red Star Belgrade dalam laga pemungkas Grup B Liga Champions di Stadion Georgios Karaiskakis, Piraeus, Yunani, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Hasil itu membuat Olympiakos finis di urutan ketiga Grup B dengan raihan empat poin, melompati Red Star (3) yang menjadi juru kunci. Olympiakos berhak ke babak 32 besar Liga Europa, sedangkan Red Star harus angkat kaki dari kompetisi antarklub Eropa musim ini, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Tanpa Lewandowski, Bayern tundukkan Tottenham 3-1

Pertandingan berjalan panas dan terbuka namun Olympiakos begitu agresif melepaskan 27 percobaan sepanjang laga, meski harus menunggu hingga menit-menit akhir untuk memetik hasil.

Tim tamu yang tiba sebagai penghuni peringkat ketiga Grup B sebetulnya punya peluang emas untuk membuka keunggulan pada menit ke-42 saat memperoleh tendangan penalti menyusul jegalan Guilherme terhadap Marko Marin.

Tomane menjadi algojo, namun ancang-ancangnya terlihat terbata-bata dan ia melepaskan tembakan dari titik putih hanya untuk mendapati bolanya ditolak oleh mistar gawang di sudut kiri atas.

Kegagalan itu belakangan harus dibayar mahal oleh Red Star, sebab pada menit ke-86 justru tuan rumah yang memperoleh tendangan penalti setelah bola umpan silang Konstantinos Tsimikas mengenai lengan Jander yang baru empat menit masuk lapangan menggantikan Milan Rodic.

Selanjutnya tak seperti ...

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar