Liga 1 Indonesia

Persija pastikan bertahan di Liga 1 setelah tundukkan Madura

Persija pastikan bertahan di Liga 1 setelah tundukkan Madura

Gelandang serang Persija Jakarta Ramdani Lestaluhu (kiri) berebut bola di udara dengan gelandang serang Madura United David Laly pada laga lanjutan Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (13/12/2019). Persija Jakarta menang 4-0. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jakarta (ANTARA) - Persija Jakarta memastikan diri bertahan di Liga 1 setelah menang 4-0 atas Madura United pada pertandingan Liga 1 Indonesia yang dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat malam.

Tambahan tiga poin membawa Persija naik dua strip ke peringkat ke-12 dengan 41 poin. Raihan poin tersebut tidak akan dapat dikejar oleh tiga tim terbawah di klasemen yakni Perseru Badak Lampung (33), Semen Padang (31), dan Kalteng Putra (31).

Sedangkan Madura tetap berada di peringkat kelima, dengan 47 poin.

Baca juga: Persija Jakarta unggul empat gol atas Madura pada babak pertama

Penyerang Persija asal Kroasia Marko Simic mengukir trigol melalui tiga eksekusi penalti, satu gol lagi diukir oleh Ramdani Lestaluhu.

Macan Kemayoran mengancam gawang Persija sejak awal laga. Sepakan Ramdani dari dalam kotak penalti melebar pada menit kedua.

Madura mendapatkan peluang pertamanya melalui sepakan Aleksandar Rakic yang melebar ke sisi kanan gawang Persija yang dikawal Andritany pada menit ke-11.

Wasit Thoriq Alkatiri memberi hadiah penalti kepada Persija pada menit ke-18 akibat pelanggaran yang dilakukan terhadap Simic. Simic sendiri yang menjadi eksekutor dan sepakannya gagal diantisipasi kiper Muhammad Ridho.

Ramdani menggandakan keunggulan tim tuan rumah melalui sepakan keras dari luar kotak penalti pada menit ke-25.

Baca juga: Edson berharap Persija kembali raih kemenangan saat tampil di GBK

Persija kembali mendapatkan hadiah penalti dua menit berselang akibat Fitra Ridwan dilanggar di kotak terlarang. Simic kembali menjadi algojo dan lagi-lagi berhasil mengelabui Ridho.

Tertinggal tiga gol, Madura semakin kesulitan mengembangkan permainan. Praktis satu-satunya ancaman yang dapat mereka lakukan ke gawang Andritany adalah saat sundulan Rakic melambung ke atas gawang Persija.

Persija mendapatkan gol keempatnya pada menit ke-45. Kali ini penalti diberikan akibat Sandi Sute dijatuhkan di kotak terlarang. Simic menjadi eksekutor untuk ketiga kalinya, dan kembali berhasil menyelesaikan tugasnya dengan sempurna. 4-0 untuk Persija.

Pada babak kedua, Persija bermain lebih bertahan. Mereka tetap mampu mendominasi penguasaan bola namun lebih banyak menggulirkannya dari kaki ke kaki pemain tanpa memberikan ancaman serius ke gawang Madura.

Meski demikian mereka tetap mampu menciptakan peluang bagus melalui pergerakan pemain pengganti Rahmad Hidayat yang masih membentur kaki pemain Madura pada fase akhir laga.

Baca juga: PSIS tundukkan Arema FC 5-1

Pelatih Madura Rasiman kemudian menarik dua pemain timnas U-22 yang baru pulang dari SEA Games 2019, Zulfiandi dan Syahrian Abimanyu. Ditariknya kedua pemain itu membuat Madura semakin kesulitan menembus pertahanan tuan rumah, dan gagal menciptakan satu pun gol balasan sampai laga usai.

Susunan pemain:
Persija Jakarta: Andritany Ardhyasa, Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Tony Sucipto, Fitra Ridwan (Rahmad Hidayat 67') , Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, Ramdani Lestaluhu, Rohit Chand, Sandi Sute (Dwiki Arya 79'), Marko Simic (Bambang Pamungkas 84')

Madura United: Muhammad Ridho, Randika Rama, Ante Bakmaz, Jaimerson Xavier, David Laly, Marckho Sandi Merauje, Slamet Nurcahyono, Syahrian Abimanyu (Asep Berlian 55') , Zulfiandi (Guntur Ariyadi 53'), Alberto Goncalves (Alfath Faathier 82'), Aleksandar Rakic

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Peluncuran tim Arema FC usung misi juara

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar