Artidjo jadi Dewas, Anggota Komisi III DPR: Prospek baik untuk KPK

Artidjo jadi Dewas, Anggota Komisi III DPR: Prospek baik untuk KPK

Diskusi Pemimpin baru KPK dan masa depan pemberantasan korupsi, Forum Lintas Hukum Indonesia, di Jakarta, Rabu, (18/12/2019) (Boyke Ledy Watra)

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDIP Trimedya Panjaitan menilai jika mantan Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung (MA) Artidjo Alkostar menjadi Dewan Pengawas KPK (Dewas KPK), maka akan memberikan prospek baik bagi lembaga antikorupsi itu.

Trimedya Panjaitan dalam diskusi Pemimpin baru KPK dan masa depan pemberantasan korupsi, Forum Lintas Hukum Indonesia, di Jakarta, Rabu, mengatakan integritas Artidjo selama menjadi hakim sudah terbukti.

"Sandainya betul Pak Artidjo masuk Dewas yang akan diumumkan oleh Presiden, saya kira ini adalah prospek baik bagi KPK. Kita tahu hampir 15 tahun dia menjadi hakim agung tidak ada yang bisa mengintervensinya," kata dia.

Nama-nama calon Dewan Pengawas KPK seperti Artidjo, dan beberapa nama lain yang disebut Presiden Jokowi, lanjut Trimedya akan menjadi jawaban kekhawatiran masyarakat yang selama ini masih berpikir pemerintah sedang melakukan pelemahan terhadap institusi anti rasuah tersebut.

"Kalau seandainya orang-orang itu yang duduk nanti di Dewas nanti, ada harapan bagi kita bahwa mereka bisa menjaga semangat dan spirit etos kerja di KPK," kata dia.

Masyarakat, menurut Trimedya perlu optimis dengan pimpinan baru dan kehadiran Dewan Pengawas KPK, karena pemerintah memiliki semangat yang sama dengan masyarakat, yakni menjadikan KPK lebih baik.

"Teman-teman setiap pergantian pemimpin KPK itu pasti skeptis tapi sejak kepemimpinan pak Taufiqurrahman Ruki hingga pak Agus Rahardjo, jilid 1, 2, 3, dan 4 ini mudah-mudahan tidak ada yang mengecewakan kinerja mereka," ujarnya.

Saat ini menurut dia sebaiknya semua pihak sama-sama menunggu pengumuman nama-nama yang akan menjadi dewan pengawas KPK, dan akan diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Baca juga: MPR sambut baik Artidjo Alkostar jadi calon Dewas KPK

Baca juga: WP KPK sambut baik Artidjo dan Albertina diusulkan jadi Dewas

Baca juga: Dewas diharapkan punya komitmen sama dengan Presiden berantas korupsi

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pimpinan KPK tak hadiri pemanggilan Komnas HAM terkait TWK

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar