Manado (ANTARA) - Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melakukan tatap muka dengan masyarakat Sulawesi Utara (Sulut), di Manado, Senin.

Kegiatan dilaksanakan di Graha Gubernuran Bumi Beringin, dihadiri antara lain Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan Ormas adat.

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mengatakan kehadirannya dengan Panglima TNI di Sulut untuk mengecek secara langsung kesiapan Kodam XIII/Merdeka dan Polda Sulut terkait pengamanan Natal dan Tahun Baru serta libur panjang.

Dari apa yang diperoleh, seluruh persiapan pengamanan itu sudah berjalan dengan baik.
"Insya Allah, pengamanan Natal dan Tahun Baru serta libur panjang di Manado akan berjalan dengan tertib dan kondusif," katanya .

Kapolri mengingatkan teman TNI dan Polri, terus membangun kekompakan soliditas dan sinergitas bersama masyarakat dan seluruh tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk menjaga mengawal pengamanan Natal dan Tahun Baru di Manado agar berjalan dengan kondusif.

"TNI dan Polri tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari Pemda dan seluruh masyarakat," katanya.

Kapolri memberikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan Gubernur Sulut terhadap seluruh jajaran TNI dan Polri di daerah itu yang begitu besar sehingga kebersamaan itu terasa sekali.

"Marilah kita mempererat tali persaudaraan dengan membangun komunikasi. Karena tidak ada masalah tidak selesai ketika kita membangun komunikasi," katanya.

Ia menambahkan tidak ada problem yang tidak selesai ketika kita mau membangun komunikasi.

"Itu modal awal, modal dasar bagaimana kita mengelola situasi keamanan ketertiban masyarakat di Manado ini akan berjalan dengan lancar," katanya.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan merasa bangga hadir di Sulut.
Mendengar paparan dari Kapolda Sulut dan Pangdam XIII/Medeka, sudah siap untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Lebih bangga lagi karena pengamanan itu mengedepankan sinergitas, kerja sama antara TNI dan Polri," katanya.

Ia menambahkan sinergitas dan kerja sama adalah modal dasar untuk menjaga wilayah NKRI sangat luas.

Pada saat tersebut berbagai elemen masyarakat Sulut menyatakan komitmen bersama yakni mempertahankan keutuhan NKRI, menjaga situasi Kamtibmas serta kedamaian perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, dan menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama.

Baca juga: Kapolri dan Panglima TNI Kunjungi Sulut

Baca juga: Panglima TNI: Langsung ambil tindakan jika temukan persoalan di gereja

Baca juga: Panglima TNI-Kapolri janjikan perayaan Natal-Tahun Baru berjalan aman

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019