Jakarta (ANTARA) - Kedatangan kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat,mengalami keterlambatan akibat gangguan operasional yang terjadi di Stasiun Karawang.

"Kalau untuk keberangkatan tidak ada gangguan. Semuanya tepat waktu. Kedatangan yang terdampak," kata salah satu petugas keamanan Stasiun Pasar Senen saat ditemui, Sabtu dini hari.

Menurut jadwal kedatangan kereta api yang ada di Stasiun Pasar Senen yang dipantau pukul 01.20 WIB, kereta api yang disebutkan mengalami keterlambatan adalah Kereta Api Gumarang dari Stasiun Surabaya Pasar Turi dan Kereta Api Majapahit dari Stasiun Malang (Jawa Timur).

Pada pukul 01.27 WIB, Kereta Api Brantas dari Blitar tiba di Stasiun Pasar Senen, dari yang dijadwalkan tiba pukul 01.00. Dalam pengumuman melalui pengeras suara, petugas stasiun menyatakan permohonan maaf atas keterlambatan kedatangan kereta api.

Baca juga: Kereta jarak jauh telat, antrean penumpang terjadi di Gambir
Baca juga: KAI minta maaf soal gangguan di Stasiun Karawang


Pantauan di Stasiun Pasar Senen tidak terlihat ada antrean penumpang akibat gangguan operasional di Stasiun Karawang.

Terjadi gangguan operasional di Stasiun Karawang yang mengakibatkan antrean dan keterlambatan perjalanan kereta api yang melintas di jalur tersebut.

Melalui akun Twitter @KAI121, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjelaskan gangguan operasional di Stasiun Karawang terjadi karena perangkat persinyalan di stasiun tersebut rusak akibat disambar petir.

"Sehingga perjalanan kereta api dilayani secara manual dengan sangat hati-hati untuk menjamin keselamatan kereta api," balas akun @KAI121 atas pertanyaan pengguna Twitter lainnya. 
Baca juga: Daop 1: Kereta jarak jauh telat karena sinyal harus manual

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019