Jakarta (ANTARA) - Sue Lyon, yang pernah bermain dalam film "Lolita" besutan Stanley Kubrick, meninggal dunia pada Kamis (26/12) di Los Angeles.

Kawan lama Lyon yakni Phil Syracopoulos mengatakan pada New York Times bahwa Lyon meninggal pada usia ke-73 karena memiliki masalah kesehatan menahun.

Rentang karier akting Lyon mulai dari tahun 1959 sampai 1980 dengan film paling hits yang diadaptasi dari novel Vladimir Nabokov, "Lolita" pada 1962 arahan sutradara Kubrick.

Baca juga: Penulis lagu tema serial "Friends" meninggal dunia

Baca juga: Ikon sinema "New Wave" Prancis Anna Karina meninggal dunia


Saat itu, usia Lyon masih 14 tahun. Dia mengalahkan 800-an lebih gadis dalam audisi. Nobokov menyebut dia sebagai "peri kecil yang sempurna".

Novel Nobokov yang terbit 1955 tergolong penuh skandal karena mengisahkan tentang lelaki paruh baya yang tergila-gila dengan gadis kanak-kanak. Namun saat diadaptasi ke dalam film, ceritanya jadi biasa saja karena adanya batasan-batasan dari Motion Picture Production Code.

Lyon lahir di Davenport, Iowa, Amerika Serikat. Ibunya pindah ke Dallas sebelum akhirnya memboyong keluarganya ke Los Angeles di mana Lyon bisa mengejar karier akting.

Awalnya, dia mendapat peran sebagai Laurie di "The Loretta Young Show" selain itu dia dapat peran kecil dis erial tahun 1960-an "Dennis the Menace" sebelum mendapatkan peran yang akhirnya memantakan namanya di Hollywood.

Pada 1963 Lyon menyabet Golden Globe lewat "Lolita" untuk kategori aktris pendatang baru wanita paling menjanjikan.

Lyon menikah beberapa kali termasuk dengan pembunuh dan perampok Cotton Adamson. Dia juga pernah menikah dengan Hampton Fancher, Roland Harrison, Edward Weathers dan Richard Rudman. Pernikahannya dengan Rudman bertahan sejak 1985 sampai 2002.

Lyon memiliki anak perempuan dari Harrison bernama Nona, demikian dilansir Variety.

Baca juga: Aktor Danny Aiello meninggal dunia pada usia 86 tahun

Baca juga: Daftar artis berprestasi sepanjang 2019

Baca juga: Barang-barang duo kriminal Bonnie dan Clyde terjual 186.000 dolar

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019