Peristiwa terjadi saat personel Polda Banten dan TNI melakukan pembersihan jalan yang tergenang akibat banjir
Lebak (ANTARA) - Personel Polda Banten dengan sigap membantu seorang kakek yang kesakitan berjalan seorang diri saat melakukan pembersihan jalan akibat banjir bandang dari aliran sungai Ciberang, Kamis (2/01/2020) Pagi

Personil Polda Banten dan TNI melakukan pertolongan dengan mengantarkan kakek tersebut ke puskesmas terdekat di Desa Bintang Resmi, Kecamatan Cipanas, Lebak.

Kapolda Banten Irjend Pol Tomsi Tohir, melalui Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata menyampaikan bahwa saat personel Polda Banten dan TNI melakukan pembersihan jalan, tiba-tiba ada kakek yang berjalan dari rumahnya ingin ke puskesmas karena mengalami sakit di dada dan kakinya.

Baca juga: Korban banjir di Lebak mulai terserang gatal-gatal

Baca juga: Pemkab Lebak gelar rapat penanganan darurat bencana

Baca juga: Gubernur Banten apresiasi penanganan banjir di Lebak


"Saat pembersihan jalan jembatan penghubung di Kampung Kelapa Nunggal, Desa Bintang Resmi, Kecamatan Cipanas, Lebak, situasi jalan yang padat karena ada petugas membersihkan jalan mengakibatkan arus lalu Lintas macet, Tiba-tiba ada kakek yang berjalan kesakitan ingin menuju ke puskesmas, dengan sigap personel dilapangan Kasiwas Polres Lebak Iptu Budiyono dan TNI mengantarkannya," katanya.

Edy mengatakan bencana banjir bandang yang melanda Kabupaten Lebak  berdampak terhadap rusaknya beberapa fasilitas umum, rumah warga, sekolah, jembatan, mushola dan ribuan hewan ternak.

Dalam mengatasi bencana ini Kapolda Banten telah menggerakkan sekitar 300 an personil, yang terdiri Sat Brimob, Dit Samapta, Dit Polairud, Bid Dokkes, Bid Humas, Polres Lebak dan Polsek, serta menyiagakan personil lain dari Polres Serang.

"Polda Banten juga sudah menyediakan dapur umum untuk memberikan layanan makanan kepada warga di lokasi pengungsian, serta memberikan layanan kesehatan," ujarnya.
 

Pewarta: Lukman Hakim/Sambas
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020