Bank Sumut belajar dengan Bank Jawa Barat untuk persiapan IPO

Bank Sumut belajar dengan Bank Jawa Barat untuk persiapan IPO

Dirut Bank Sumut M Budi Utomo (kiri) dan Dirut BJB berfoto bersama usai bertemu membicarakan soal rencana IPO Bank Sumut. (Antara Sumut/Istimewa)

"IPO (Initial Public Offering) atau penawaran saham perdana dilakukan untuk mempercepat peningkatan permodalan perseroan," ujar Direktur Utama Bank Sumut M Budi Utomo, di Medan, Minggu.
Medan (ANTARA) - Manajemen PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bank Sumut) belajar dari Bank Jawa Barat (BJB) untuk menyiapkan diri melakukan penawaran saham perdana kepada publik di Bursa Efek Indonesia.

"IPO (Initial Public Offering) atau penawaran saham perdana dilakukan untuk mempercepat peningkatan permodalan perseroan," ujar Direktur Utama Bank Sumut M Budi Utomo, di Medan, Minggu.

Menurut dia, IPO direncanakan bisa dilakukan pada tahun 2021.

Untuk kesiapan IPO, manajemen Bank Sumut terus mempersiapkan diri termasuk sudah belajar ke BJB yang sudah IPO lebih dulu.

Bersama jajaran direksi Bank Sumut seperti Direktur Pemasaran Abdi Santosa Ritonga, Komisaris Brata Kesuma, dan Corporate Secretary Syahdan Ridwan Siregar, katanya lagi, manajemen Bank Sumut sudah melakukan "sharing" Dengan BJB, Jumat (3/1/2020).
Baca juga: Bank Sumut Berencana IPO Tahun 2012

Ia menyatakan, belajar ke BJB karena bank ini tercatat merupakan BPD pertama yang melakukan IPO dan sekarang merupakan bank daerah yang terbesar di Indonesia.

Budi Utomo menegaskan sebagai sesama BPD, Bank Sumut tidak menilai BJB sebagai rival. Namun lebih kepada wujud sinergi untuk bisa berkolaborasi agar dapat saling memajukan bank daerah sebagai fundamental perekonomian khususnya dalam menghadapi pasar bebas perbankan dan kemunculan bank bank asing di Indonesia.

"Selain meningkatkan akses permodalan, IPO Bank Sumut diharapkan menaikkan brand image, meningkatkan pengelolaan GCG serta meningkatkan valuasi perusahaan," ujar Budi.

Selain belajar dengan BJB, Bank Sumut juga melakukan persiapan internal lainnya seperti menyiapkan sumber daya manusia, teknologi termasuk branding dan promosi.

Sebelumnya, Direktur Utama BJB Yuddy Renaldi didampingi Direktur Konsumer dan Ritel Suartini serta Direktur Operasional Tedi Setiawan menerima jajaran Bank Sumut. Dalam pertemuan ini, Budi Utomo mengatakan Bank BJB siap mendukung Bank Sumut untuk IPO.

Bank BJB merupakan BPD pertama yang melakukan IPO pada 8 Juli 2010.

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden buka perdagangan perdana, IHSG menguat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar