AP I layani 4,5 juta penumpang libur Natal dan Tahun Baru

AP I layani 4,5 juta penumpang libur Natal dan Tahun Baru

Kegiatan PT Angkasa Pura I (Persero) di salah satu bandar udara yang dikelola dalam menyambut wisatawan mancanegara. ANTARA/HO-PT AP I

pertumbuhan trafik tertinggi pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2020 di bandara-bandar Angkasa Pura I terjadi di Bandara Internasional Lombok dengan peningkatan trafik mencapai 15,19 persen.
Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) melayani sebanyak 4,5 juta penumpang sepanjang masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020, selama 19 hari, mulai 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020 di 14 bandara yang dikelola perseroan.

Secara persentase, trafik penumpang ini mengalami penurunan 3,3 persen dibanding trafik libur Natal dan Tahun Baru 2019 yang tercatat sebanyak 4,69 juta penumpang.

Siaran pers PT AP I yang diterima di Jakarta, Selasa, menyebutkan pertumbuhan trafik tertinggi pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2020 di bandara-bandar Angkasa Pura I terjadi di Bandara Internasional Lombok dengan peningkatan trafik mencapai 15,19 persen.

Pada periode ini total trafik penumpang yang melalui Bandara Internasional Lombok mencapai 190 ribu orang dari 168 ribu orang pada periode yang sama pada 2019.

Baca juga: AP II layani 5,3 juta penumpang selama Natal dan Tahun Baru

Sementara itu dari sisi jumlah penumpang, sama halnya dengan tahun lalu, tahun ini Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menjadi penyumbang trafik tertinggi dengan melayani 1,4 juta penumpang, dibanding periode yang sama pada tahun yang hanya mencapai 1,3 juta penumpang.

Trafik penumpang kedua tertinggi terjadi di Bandara Juanda Surabaya dengan total trafik sebanyak 919 ribu penumpang dan tertinggi ketiga terjadi di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan total sebanyak 479 ribu penumpang.

"Daya tarik Bali sebagai destinasi wisata favorit bagi wisatawan mancanegara dan domestik pada masa libur Natal dan Tahun Baru memang luar biasa. Hal ini terbukti dengan trafik penumpang yang melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai yang tak pernah surut, bahkan justru terus tumbuh," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Peningkatan trafik juga terjadi di Bandara Sam Ratulangi Manado yang tumbuh 5,6 persen.

Sementara itu, trafik penumpang Bandara Sentani Jayapura, yang baru saja dikelola Angkasa Pura I per 1 Januari 2020, pada periode Nataru 2020 ini mencapai 36.570 penumpang, turun 3 persen dibanding trafik penumpang periode Nataru tahun lalu yang sebanyak 37.497 orang.

Baca juga: AP catat penurunan penumpang Natal Tahun Baru

Sementara itu, lanjut Faik Fahmi, penurunan trafik penumpang di beberapa bandara Angkasa Pura I lainnya, terutama di Pulau Jawa, masih dipengaruhi oleh faktor yang sama dengan tahun lalu yaitu karena telah dioperasikannya Jalan Tol Trans Jawa, harga tiket yang dinilai masih relatif tinggi, dan semakin banyaknya pilihan moda transportasi lain.

Senin (6/1) merupakan hari terakhir pelaksanaan Posko Nataru 2020. Faik Fahmi, mewakili manajemen Angkasa Pura I, memberikan apresiasi atas dukungan penuh seluruh personel, baik dari internal Angkasa Pura I maupun stakeholders terkait seperti Kantor Otoritas Bandar Udara, TNI, Polri, Perum LPPNPI, Basarnas, BMKG, Kantor Kesehatan Pelabuhan, maskapai penerbangan, ground handling, serta pihak-pihak lain yang terlibat, sehingga pelaksanaan Posko Natal dan Tahun Baru 2020 di 14 bandara Angkasa Pura I berjalan baik dan lancar.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

INKA kebut pesanan kereta dari Bangladesh

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar