Jakarta (ANTARA) - Tim Rusia memastikan lolos ke babak semifinal ATP Cup 2020 setelah mengunci dua kemenangan pada partai tunggal yang dilakoni Karen Khachanov dan Daniil Medvedev saat menghadapi Argentina pada perempat final, Kamis malam.

Di partai pertama, Khachanov yang menghadapi wakil Argentina Guido Pella memenangi pertandingan dengan dua set langsung 6-2, 7(4)-6 di Ken Rosewall Arena Sydney.

"Saya memulai pertandingan dengan agresif dan memberikan tekanan melalui setiap pukulan yang saya lakukan. Hal itu penting jika kita ingin agresif pada lawan dan saya kira tadi itu berhasil dengan baik. Secara keseluruhan saya senang dengan performa hari ini," kata Khachanov, dilansir atptour.com, Kamis.

Baca juga: Kyrgios/Minaur atasi Inggris ke semi final ATP Cup

Petenis peringkat ke-17 dunia ini mencetak enam break point saat meladeni Pella yang merupakan petenis kidal.

Berlanjut di partai kedua, Rusia mengutus Medvedev yang merupakan petenis peringkat kelima, untuk melawan Diego Schwartzman yang berpredikat peringkat 13 dunia.

Medvedev menyelesaikan pertandingan selama dua jam 22 menit dengan skor 6-4, 4-6, 6-3 atas Schwartzman dan memastikan lolos ke semifinal melalui skor 2-0 atas Argentina.

Meski begitu, perlawanan yang diberikan Schwartzman membuat Medvedev perlu bekerja keras untuk melalui partai kedua. Ketatnya perebutan poin kedua pemain juga berimplikasi dilayangkannya sejumlah protes kepada juri.

Salah satunya ialah saat Medvedev yang tidak puas dengan keputusan poin juri dan memukul tiang kursi juri menggunakan raketnya. Ia pun diganjar penalti poin akibat perbuatannya tersebut.

Baca juga: Perempat final ATP Cup perpanjang rivalitas Inggris-Australia

"Tadi pertandingan yang sangat melelahkan, secara fisik itu membuat saya lelah. Saya merasa tidak maksimal, pukulanku tidak sekeras biasanya dan ini menjadi masalah. Tapi yang terpenting saya menang dan saya senang dengan ini," pungkas Medvedev.

Meski dipastikan lolos ke semifinal menyusul Australia pada pertandingan sesi awal, namun Rusia dan Argentina masih harus menyelesaikan partai terakhir di nomor ganda.

Seakan tidak puas dengan keunggulan yang sudah dikantongi, pasangan Rusia Teymuraz Gabashvili/Konstantin Kravchuk menuntaskan pertandingan malam ini dengan meraih kemenangan atas Maximo Gonzalez/Andres Molteni 7(5)-6, 6-4 dalam waktu satu jam 33 menit.

Di babak empat besar, Rusia masih menanti calon lawan antara Serbia dan Kanada yang baru akan bertanding pada Jumat.

Baca juga: Rusia ke babak perempat final ATP Cup 2020 di Sydney

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020