Brasilia (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Selasa pagi ini melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Brasil Luiz Inacio Lula Da Silva di Istana Presiden (Palacio do Planalto) Brasilia.

Di tengah gujan gerimis, kedatangan Presiden Yudhoyono disambut upacara resmi penyambutan oleh pasukan pengamanan istana yang berseragam tradisional putih.

Selanjutnya, kedua kepala pemerintahan melakukan pertemuan bilateral untuk membicarakan berbagai persoalan kerjasama antara kedua negara.

Usai pertemuan disiapkan deklarasi bersama mengenai kemitraan strategis Indonesia - Brasil, kesepakatan di bidang kerjasama keilmuan dan teknologi dan kesepakatan dalam pengurangan kemiskinan.

Presiden dalam pertemuan itu didampingi Menteri Perdagangan Mari Pangestu, Menteri Pertanian Anton Apriantono, Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, Mensesneg Hatta Rajasa, Menlu Hassan Wirajuda, Kepala BKPM M Lutfi dan Ketua DPD Ginandjar Kartasasmita.

Setelah jamuan santap siang resmi di Itamaraty Hall Palacio do Planalto, Presiden Yudhoyono dijadwalkan akan bertemu Ketua Senat dan Ketua DPR Brasil.

Selanjutnya, Rabu (19/11) Presiden akan menuju Rio de Janeiro untuk menghadiri Pagelaran Budaya dalam rangka 55 tahun hubungan RI-Brazil di Monte Libano Clube, Ipanema, bertemu dengan sejumlah pengusaha Brasil di ruang pertemuan JW Marriot hotel Copacabana.(*)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2008