Padang (ANTARA News) - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla secara prinsip setuju untuk membuka pesta budaya, pariwisata, perdagangan dan pendidikan bertajuk "Rang Minang Baralek Gadang" (RMBG) atau pesta akbar orang Minang pada 20 Desember 2008.

"Secara prinsip, Pak Jusuf Kalla setuju untuk membuka kegiatan ini yang direncanakan pada 20 Desember 2008 di Nagari Koto Gadang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar)," kata Ketua Penyelenggara pesta `Rang Minang Baralek Gadang`, Leonardy Harmainy kepada ANTARA News di Padang, Rabu.

Leonardy telah kembali dari Jakarta untuk menyampaikan maksud panitia agar acara ini dibuka oleh Wapres RI. "Dari pertemuan di Jakarta, dapat disimpulkan Wapres secara prinsip setuju untuk membuka pesta `Rang Minang Baralek Gadang`," tambahnya.

Sehubungan itu, menurut dia, dalam waktu dekat Gubernur Sumbar dan panitia penyelenggara akan melakukan audiensi dengan Wapres di Jakarta untuk mennyampaikan maksud dan tujuan serta bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan selama pesta `Rang Minang Baralek Gadang`.

Pesta ini digelar pada sejumlah kota dan kabupaten di Sumbar, seperti Agam, Kota Bukittinggi, Padang Pariaman dan Kota Pariaman.

Pesta budaya pariwisata, perdagangan dan pendidikan ini digelar untuk memberi makna 100 tahun kebangkitan nasional dan memperingati Hari Bela Negara yang dipusatkan di Sumbar, tambah Leonardy yang juga Ketua DPRD Sumbar itu.(*)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2008