Polisi sebut pemotor masuk tol saat banjir diskresi petugas

Polisi sebut pemotor masuk tol saat banjir diskresi petugas

Sejumlah pengendara motor melintas di jalur tol dalam kota Kembangan, Jakarta Barat, Kamis (2/1/2020). Akibat banjir di sejumlah wilayah membuat pengendara motor mengakses jalur tol untuk menghindari banjir menuju ke tempat tujuan. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nz

Itu diskresi saja, situasional. Kalau memang jalan alternatif itu yang dipakai satu-satunya yang dipakai tol, ya sudah kita pakai tol
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengatakan pemotor masuk jalan tol saat banjir adalah diskresi yang diberikan petugas apabila tidak ada alternatif lain yang memungkinkan.

"Itu diskresi saja, situasional. Kalau memang jalan alternatif itu yang dipakai satu-satunya yang dipakai tol, ya sudah kita pakai tol, tapi sementara saja kalau airnya sudah surut, ya sudah balik lagi," kata Direktur Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf di Hutan Kota, Kemayoran, Jakarta Utara, Jumat.

Yusuf juga mengatakan jajarannya telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas jika banjir kembali menggenangi Jakarta.

Baca juga: Ditlantas Polda Metro petakan titik banjir di ruas jalan tol
Baca juga: Sejumlah titik genangan ganggu lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek


"Kalaupun itu terjadi banjir, petugas kita sudah siap melaksanakan rekayasa lalu lintas," sambungnya.

Anggota Ditlantas Polda Metro Jaya pada Kamis (2/1) diketahui mengambil diskresi mengizinkan sepeda motor masuk ke beberapa ruas jalan tol lantaran banjir yang tidak menyisakan jalur alternatif.

Jalan tol yang digunakan pada saat itu antara lain Jalan Tol Lingkar Dalam Kebon Jeruk, Jakarta Barat dan Tol Bintara-Tanjung Priok.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Terendam banjir, Tol Cilegon Barat ditutup sejam

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar