Rio de Janeiro (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meninggalkan Kota Rio de Janeiro, Brasil, Kamis pukul 16.00 waktu setempat dan bertolak menuju Lima, Peru menghadiri pertemuan APEC ke-16 dari 12 hingga 24 Nopember ini.

Presiden terbang Bandara Galeao Antonio Carlos Jobim, Rio de Janeiro dan diperkirakan tiba di Peru pukul 18.25 waktu setempat.

Di Brasil, Presiden berada di Kota Brasilia dan bertemu dengan Presiden Brasil Luiz Inacio Lula Da Silva. Pertemuan keduanya menghasilkan kesepahaman mengenai kemitraan strategis, kesepakatan di bidang energi, diplomatik dan pertanian.

Presiden kemudian mengunjungi Kota Rio de Janeiro untuk menghadiri malam pagelaran budaya dalam rangka 55 tahun hubungan RI - Brazil di gedung Monte Libano Clube, Ipanema.

Jumat (21/11), Presiden akan mengikuti pertemuan tingkat tinggi APEC ke-16 di gedung Museum Nasional, Lima Peru, yang akan mengusung tema "Komitmen Baru untuk Pengembangan Asia Pasifik".

Presiden Yudhoyono akan menjadi pembicara kunci pada forum APEC CEO Summit dengan materi "Tantangan Pembangunan Ekonomi APEC Untuk Meningkatkan Pertumbuhan dan Memberantas Kemiskinan.

Selama di Peru, Presiden Yudhoyono juga dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa kepala negara dan pemerintahan, di antaranya dengan PM Australia Kevin Rudd, Presiden Peru Alan Garcia, dan Presiden Kolombia Alvaro Uribe Velez.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2008