Lima (ANTARA News)  -  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis sekitar pukul 19.25 waktu setempat, tiba di pangkalan AU Callao, Lima, Peru, untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) Ke-16.

Di bandara, Presiden  Yudhoyono disambut Dubes RI untuk  Peru, I  Gde Djelantik untuk kemudian menuju Hotel Melia.

Jumat ini Kepala Negara akan mengikuti pertemuan tingkat tinggi APEC ke-16 di Gedung Museum Nasional, Lima, yang akan mengusung tema "Komitmen Baru untuk Pengembangan Asia Pasifik".

Presiden Yudhoyono akan menjadi pembicara kunci pada forum itu, dengan membawa pidato bertajuk "Tantangan Pembangunan Ekonomi APEC Untuk Meningkatkan Pertumbuhan dan Memberantas Kemiskinan.

Selama di Peru, Presiden Yudhoyono juga dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa kepala negara dan pemerintahan, antara lain dengan PM Australia Kevin Rudd, Presiden Peru Alan Garcia, dan Presiden Kolombia Alvaro Uribe Velez.

Sebelumnya Presiden berada di kota Brasilia untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Brasil Luiz Inacio Lula Da Silva yang menghasilkan kesepahaman mengenai kemitraan strategis, kesepakatan di bidang energi, diplomatik dan pertanian.

Presiden kemudian mengunjungi kota Rio de Janeiro untuk menghadiri malam pagelaran budaya dalam rangka 55 tahun hubungan RI - Brazil di Gedung Monte Libano Clube, Ipanema. (*)

Pewarta:
Copyright © ANTARA 2008