Medan (ANTARA News) -Taman Digital ketiga di Sumatera dibangun Telkom Divisi Regional (Divre) I Sumatra di Taman Ahmad Yani Medan, setelah sebelumnya dua taman di Batam dibangun dan mendapat minat cukup besar oleh warga pengguna Internet nirkabel.

"Taman Digital itu dibangun Telkom untuk mempercepat terwujudnya Sumatera Pulau Digital," kata Executive General Manager Telkom Sumatra, Muhammad Awalludiin, di Medan, usai meresmikan area Internet nirkabel (hotspot) Speedy itu di Taman Ahmad Yani Medan, Jumat.

Menurut dia, untuk bisa menjadikan Sumatra Pulau Digital, selain harus menyediakan aksesbilitas, juga mengisi konten dan pembentukan komunitas,

"Hotspot speedy itu merupakan aksebilitas dan dengan fasilitas itu diharapkan bisa mempercepat pertumbuhan komunitas," katanya.

Dia berharap, semua kalangan mulai dari pengelolan ruang, bisa berpartisipasi membangun Taman Digital serupa sehingga mempermudah masyarakat mendapatkan informasi lewat Internet karena Indonesia masih tercatat sebagai negara yang masyarakatnya masih mimin dengan pengetahuan/penggunaan Internet.

Kalau semua diharapkan dari Telkom, maka jumlah Taman Digital atau sejenisnya tidak bisa berjumlah besar mengingat keterbatasan dana perusahaan.

Dengan kehadiran Taman Digital, Telkom sudah semakin banyak membangun aksebilitas dan mendorong pembentukan komunitas dan konten karena sebelumnya Telkom sudah mendigitalkan Rumah Ibada Digital, Kampung Digital dan Perpustakaan Digital.

General Manager Telkom Medan, Overlis, mengatakan, setelah Taman Ahmad Yani, maka hotspot speedy akan dibangun di Taman Sri Deli dan kawasan Jalan Dr Mansyur--yang merupakan kawasan mahasiswa Universitas Sumatera Utara.

"Selain lokasi itu, juga Telkom sedang mengkaji membangun hotspor di kawasan lain termasuk di Taman Telada," katanya menambahkan. (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2008