Dhaka  (ANTARA News) - Suami aktris terkenal Bangladesh telah menceraikan istrinya setelah dia dicalonkan sebagai anggota parlemen pada pemilihan umum bulan depan, sang aktris menyatakan Jumat.

Kabori Sarwar, yang telah tampil dalam 200 film lebih di negara Asia Selatan itu, mengemukakan kepada AFP dirinya telah dinominasikan sebagai calon legislatif bagi Liga Awami, partai yang condong ke kiri.

Wanita berusia 60 tahun itu menyatakan langkahnya telah membuat berang suaminya dan akibatnya perkawinannya bubar.

"Ia merasa iri dengan saya. Dua anggota keluarganya, yang sangat terkenal di Bangladesh, tak lolos nominasi sebagai caleg Liga Awami. Dia membuang pakaian kotornya di depan publik," katanya.

Sarwar, yang bertempur sebagai pejuang pembebasan dalam perang kemerdekaan Bangladesh melawan Pakistan pada 1971, mengungkapkan langkah mantan suaminya menunjukkan bahwa negara Muslim konservatif itu masih didominasi kaum pria.

Dia merencanakan akan memperjuangkan hak-hak kaum wanita bila terpilih.

Aktris Bangladesh itu mengatakan kelima putranya dan sanak famili mendukung karir barunya sebagai politikus.

"Orang-orang yang menjadi pengagum saya semasa saya masih berakting, yang dulunya tidak mendukung Liga Awami, telah memberikan dukungan. Sayang suami saya berupaya menghalangi langkah saya," katanya.

Sarwar memulai karir aktingnya pada 1964 saat masih berusia 13 tahun.

Pemilihan umum, yang dijadwalkan digelar pada 18 Desember, bertujuan memulihkan demokrasi di negara Asia Selatan itu, setelah selama dua tahun berada di bawah pemerintahan darurat.  (*)

Pewarta:
Copyright © ANTARA 2008