Jakarta (ANTARA) - Andrey Karginov melanjutkan dominasinya pada kategori truk Dakar 2020 dengan meraih kemenangan ketiga kalinya secara beruntun di etape VIII yang menempuh rute dari dan menuju Wadi Al-Dawasir, Arab Saudi, Senin.

Pebalap Rusia itu memenangi rute sejauh 716 km dengan catatan waktu empat jam 24 menit 58 detik, selisih lima menit 54 detik dari rekan setimnya Anton Shibalov, dan sembilan menit enam detik dari Ales Loprais, demikian catatan resmi Dakar.
Pada hari kedelapan balapan, juara Dakar 2014 Karginov lagi-lagi kembali terlibat duel sengit dengan Dmitry Sotnikov hingga km 158. Sotnikov membuntuti delapan detik di belakang, sedangkan Shibalov tertinggal 55 detik di belakang Karginov.

Namun hingga 264 km, Anton Shibalov berhasil menyalip Sotnikov, yang berada di peringkat keempat balapan hari itu dengan jarak 10 menit 41 detik dari juara etape.

Andrey Karginov yang start terdepan hari itu terus mendominasi hingga menjelang finis etape VIII. Setelah 424 km, dia berhasil memperlebar jaraknya dengan unggul enam menit di depan Shibalov dan delapan menit 48 detik dari Loprais.

Hasil tersebut membawa Karginov semakin kokoh di puncak klasemen sejak lima etape terakhir sementara dengan unggul 27 menit 06 detik dari Anton Shibalov, satu jam lima menit 17 detik dari Siarhei Viazovich.

Selanjutnya, etape IX akan menempuh rute dari Wadi Al Dawasir menuju Haradh sejauh 886 km dengan 410 km merupakan Special Stage.

Baca juga: Nyaris juara etape, Alonso nikmati finis terbaiknya di Dakar 2020

Baca juga: Juara etape VII, Karginov bertahan di puncak klasemen Dakar 2020


 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2020