Surabaya (ANTARA News) - Pelantun lagu-lagu religius, Opik, ikut menyemarakkan jalan sehat memperingati Dies Natalis ke-48 Institut Sepuluh November (ITS) Surabaya, Minggu.

Jalan sehat dengan rute sekitar kampus ITS tersebut diikuti lebih dari 20 ribu orang peserta. Tak hanya dari kalangan civitas akademika ITS, namun juga melibatkan masyarakat sekitar kampus.

Rombongan peserta diberangkatkan oleh Rektor ITS Prof.Ir Priyo Suprobo, MS, PhD dari depan Rektorat sekitar pukul 06.00 WIB dan berakhir di tempat yang sama.

Sambil menunggu penarikan undian ratusan hadiah yang disediakan oleh panitia, Opick yang bernama asli Ainur Rofiq Lil Firdaus ini mengajak para peserta jalan sehat untuk bersama-sama menyanyikan lagu-lagu rohani yang telah dipopulerkannya.

Hampir semua peserta sudah cukup hafal dengan sejumlah lirik lagu-lagu tersebut, sebut saja di antaranya "Assalamualaikum", "Alhamdulillah", "Astaghfirullah", Takdir, dan "Tombo Ati" yang telah melejitkan nama Opick di kancah musik Tanah Air.

Bahkan Opick pun tak segan-segan mengajak Prof.Priyo Suprobo untuk bernyanyi bersamanya di atas panggung. Mereka melantunkan tembang "Tombo Ati" yang lansung mendapat aplaus atau tepuk tangan panjang dari para penonton yang mengerumuni sekitar panggung.

Pria kelahiran Jember 34 tahun lalu itu tak henti-hentinya mengajak penonton bernyanyi maupun berkomunikasi, agar terkesan lebih akrab.

"Semuanya sudah pada hafal belum dengan lagu saya ini, ayo bersama-sama ikuti yang saya nyanyikan ya," katanya sembari mengajak kepada semua penonton yang terlihat cukup antusias tersebut.

Untuk lebih mengakrabkan diri, Opick pun mengajak tiga penonton perempuan ke atas panggung dan menyanyikan tembang Takdir bersamanya. Tembang ini biasanya dinyanyikannya duet bersama penyanyi Melly Goeslaw.

Ia pun meminta sejumlah anak kecil untuk naik ke atas panggung dan bernyanyi bersamanya. "Semuanya pasti sudah tahu kalau lagu "Assalamualaikum" ini kan?" katanya yang langsung diamini para bocah tersebut. Semua hadirin pun diajak untuk berdiri dan menyanyikan bersama tembang salam tersebut.

Penampilan penyanyi yang mengenakan baju muslim dan sarung warna putih lengkap dengan surbannya ini diakhiri dengan berucap salam dan mendoakan seluruh penonton yang ada.

"Semoga semua yang hadir di sini selalu mendapatkan berkah dari Allah SWT, yang sedang sakit di rumah semoga segera disembuhkan penyakitnya," kata Opick yang diamini semua hadirin.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2008