Windows 7 berakhir, ini cara "upgrade" gratis ke Windows 10

Windows 7 berakhir, ini cara "upgrade" gratis ke Windows 10

Logo Windows 7 pada DVD instalasi. ANTARA/Shutterstock/pri.

Jakarta (ANTARA) - Microsoft resmi mengakhiri dukungan (support) untuk Windows 7 pada Selasa (14/1). Penawaran peningkatan (upgrade) kemampuan sistem operasi secara gratis untuk pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 juga telah berakhir beberapa tahun lalu.

Meski Microsoft telah menghapus situs penawaran upgrade, perusahaan tersebut terus mengaktifkan lisensi Windows 10 mereka yang melakukan upgrade dari Windows 7 atau Windows 8.1.

The Verge membagikan cara sederhana untuk meningkatkan kemampuan Windows 7 secara gratis, dengan asumsi komputer personal (PC) mendukung persyaratan minimum untuk Windows 10.

Namun, Anda sebelum melakukan upgrade perlu mengingat bahwa Windows 7 ke Windows 10 dapat menghapus pengaturan maupun aplikasi.

Ada opsi untuk menyimpan file dan data pribadi, namun Anda perlu mengetahui adanya perbedaan antara Windows 10 dan Windows 7, sehingga tidak selalu memungkinkan untuk menyimpan semua aplikasi yang ada.

Pastikan Anda telah mencatat aplikasi apa yang sering Anda gunakan sehingga Anda dapat dengan mudah mendapatkannya dengan mengunduh kembali.

Berikut ini cara upgrade dari Windows 7 ke Windows 10.

• Cadangkan semua dokumen, aplikasi, dan data penting Anda

• Buka situs pengunduhan Microsoft Windows 10

• Pada bagian media instalasi Windows 10, pilih "Unduh alat sekarang," dan jalankan aplikasi

• Saat diminta, pilih "Tingkatkan PC ini sekarang."

• Anda kemudian akan ditanya apakah Anda ingin menyimpan file pribadi Anda atau memulai yang baru. Perlu diingat, mulai baru atau tetap menjaga file Anda berarti bahwa semua aplikasi dan pengaturan akan dihapus untuk upgrade Windows 10.

• Setelah upgrade selesai, Anda harus menerima lisensi digital untuk Windows 10, yang dapat ditemukan di Pengaturan> Pembaruan & Keamanan> Aktivasi.

Sebagai informasi, Windows 8.1 juga dapat ditingkatkan kemampuannya dengan cara yang sama, tetapi tanpa perlu menghapus aplikasi dan pengaturan.

Baca juga: Dukungan untuk Windows 7 berakhir hari ini, apa yang harus dilakukan?

Baca juga: Penyesalan terbesar Bill Gates: Windows Mobile

Baca juga: Selamat tinggal "Hearts", Microsoft akhiri game Internet Windows


Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar