Caracas, (ANTARA News) - Armada kapal perang Rusia Selasa tiba di Venezuela untuk melakukan latihan angkatan laut bersama di lepas pantai negara Karibia tersebut, kata Presiden Venezuela Hugo Chavez.

Latihan itu, yang diamati ketat oleh Amerika Serikat, bersamaan dengan kunjungan Presiden Rusia Dmitry Medvedev, yang berada di Venezuela Rabu.

Kunjungannya itu adalah bagian dari lawatan ke Amerika Selatan, termasuk Brazilia dan Kuba.

Venezuela yang adalah anggota OPEC adalah sekutu utama Rusia sejak Perang Dingin dan Moskow memandang hubungannya dengan Chavez sebagai jalan untuk membalas ketatnya pengaruh AS terhadap perbatasan-perbatasannya di Caucasus.

Chavez mengatakan, latihan angkatan laut itu tidak berarti pihaknya marah terhadap Washington, pembeli minyak terbesarnya dan secara teratur menjadi sasaran kecamanan pedasnya.

"Ini bukanlah sejenis provokasi, tapi semata-mata hubungan untuk membangun dan terpenting adalah kelahiran beberapa kubu dunia," kata Chavez Senin malam.

Chavez menyambut mitra kelas-beratnya seperti Rusia dalam rangka mengurangi dominasi AS di dalam percaturan politik dan perdagangan global.

Pemerintah AS telah mengabaikan pentingnya kunjungan Medvedev ke Venezuela dan jurubicara Departemen Luar Negeri AS, Sean McCormack mengejek kunjungan angkatan laut Rusia dengan pernyataan: mengherankan jika kapal-kapal itu 'disertai oleh kapal-penarik."(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2008