Roma (ANTARA News) - Suatu partai sayap kanan Italia menawarkan 1.500 euro (sekitar Rp22 juta)  untuk setiap orang tua yang memberi nama bayi mereka Benito Mussolini Si diktator fasis. Uang dalam jumlah sama juga akan diberikan kepada orang tua yang memberi nama bayi perempuan mereka Rachele, istri sang diktator. Alasan partai tersebut, sebagaimana dikutip Reuters, adalah karena nama-nama tersebut terancam punah.

Partai MSI-Fiamma Tricolore, partai lanjutan dari partai fasis yang dipimpin Mussolini, menyatakan gagasan di kawasan miskin selatan Basilicata itu bertujuan untuk memelihara kelestarian nama "yang terancam punah" . Tujuan lain adalah untuk menghargai akar partai tersebut.

"Benito dan Rachele  adalah nama yang bagus dan saya harap gagasan asli kami akan diterima masyarakat," kata petinggi partai,  Vincenzo Mancusi, kepada Reuters.

Bonus untuk membeli baju dan makanan bayi itu berlaku untuk bayi yang lahir tahun 2009 di lima desa yang tingkat kelahirannya rendah, kata Mancusi.

Mussolini berkuasa mulai tahun 1922 hingga 1943, saat digulingkan setelah memimpin Italia menuju kehancuran akibat bersekutu dengan Jerman saat Perang Dunia II.

Mussolini dieksekusi bersama istri gelapnya, Claretta Petacci tahun 1945 sedangkan jandanya, Rachele, meninggal tahun 1979. (*)

    

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2008