Sudin KPKP Jaksel sediakan 700 paket pangan murah di RPTRA Shibi

Sudin KPKP Jaksel sediakan 700 paket pangan murah di RPTRA Shibi

Petugas Sudin KPKP melayani warga yang membeli pangan murah di RPTRA Shibi, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis (16/1/2020) (ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Selatan)

Sebanyak 700 paket yang disediakan, habis dibeli oleh warga
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) menyediakan 700 paket pangan harga terjangkau di 
di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Shibi, Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis,

"Sebanyak 700 paket yang disediakan, habis dibeli oleh warga," kata Kasatpel KPKP Kecamatan Jagakarsa Nur Ayani.

Nur mengatakan pangan murah dijual kepada masyarakat yang memegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus, Kartu Lansia Jakarta dan Kartu Pekerja.

"Pangan murah juga berlaku bagi para petugas petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU), pekerja harian lepas (PHL), pemegang kartu Disabilitas Jakarta dan penghuni rusun," kata Nur.

Baca juga: Warga Pasar Minggu terbantu oleh program pangan murah DKI

Ia menjelaskan pangan murah yang disediakan terdiri atas beberapa komoditas yakni daging, beras, daging kerbau, daging ayam, telur ayam, ikan kembung dan susu.

Adapun harga pangan murah tersebut yakni daging Rp35 ribu per kg, beras Rp30 ribu per lima kg, daging ayam Rp8.000 per kg, telur ayam Rp10 ribu per 30 butir, ikan kembung Rp13 ribu per kg dan susu UHT (Ultra High Temperature) Rp30 ribu per karton isi 24 pak.

Satu paket pangan murah yang berisi semua komoditas dihargai Rp126.000.

"Khusus untuk ikan kembung karena peminatnya kurang, kita cuma sediakan 500 bungkus," kata Nur.

Menurut Nur, pemilihan lokasi RPTRA Shibi karena dinilai strategis sehingga mudah diakses oleh warga yang ingin mendapatkan pangan murah.

Baca juga: Warga sarankan ganti ikan kembung pada program pangan murah

"Kami bersama pihak RPTRA bekerja sama melayani warga yang ingin mendapatkan pangan murah," katanya.

Ia menambahkan syarat untuk membeli pangan murah ini adalah wajib membawa kartu bagi pemegang KJP plus, kartu pekerja, kartu lansia Jakarta, wajib membawa ATM bank DKI dan terdaftar di penyedia jasa lainnya perorangan (PJLP) seperti PHL dan PPSU dengan pendapatan upah minimum provinsi (UMP).

"Penerima program pangan murah wajib menyertakan kartu ATM Bank DKI yang telah terdaftar," kata Nur.

Pada Januari 2020 ini Dinas KPKP DKI Jakarra menggelar pangan murah di enam kota administrasi. Program ini dapat diakses dari pukul 08.00 -12.00 di beberapa rusun dan RPTRA

Pangan murah juga tersedia di toko perkulakan seperti Jakmart, DC, dan pasar-pasar di Jakarta, serta Jakgrosir di Pulau Tidung Kepulauan Seribu, buka setiap Senin-Sabtu.

Baca juga: Pengamat: kartu sembako lebih baik dari program pangan murah

Gizi anak
Program pangan murah untuk ketahanan pangan ini bertujuan meningkatkan gizi anak-anak dan warga Jakarta golongan tertentu.

Untuk Januari 2020 pangan murah tersedia pada tanggal 8-17 Januari, lalu tanggal 20 Januari.

Khusus wilayah Jakarta Selatan lokasi penyedia pangan murah terdapat di Pasar Kebayoran Lama, Pasar Minggu, Pasar Bukit Duri Putaran, Pasar Cipete Fatmawati (utara), Pasar Lenteng Agung, Pasar Mampang Prapatan, Pasar Manggis, Pasar Pondok Labu, Pasar Radio Dalam, Pasar Rumput, Pasar Santa, dan Pasar Tebet.

Selanjutnya Pasar Warung Buncit, Pasar Cipulir, Pasar Mede, Pasar Bata Putih, Pasar Pesanggrahan, Pasar Pondok Indah, Pasar Cidodol, Pasar Cipete Selatan, Pasar Menteng Pulo, Pasar Karet Pedurenan, Pasar Blok M Square, dan Mayestik.

Baca juga: Sandiaga : program pangan murah ditambah susu dan ikan

Untuk informasi lebih lengkap tanggal dan lokasi penyedia pangan murah Januari 2020 dapat dilihat melalui akun Instagram resmi Dinas KPKP DKI Jakarta yakni @dkpkp.jakarta.
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

RPTRA Sunter Muara bersolek menjadi oase di pinggiran Jakarta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar