Bangkok,  (ANTARA News)- Polisi Thailand, Minggu, kembali memerintahkan para pemrotes anti-pemerintah yang mengepung  Bandara agar bubar. Polisi juga melarang pertemuan lebih dari lima orang  dan memperingatkan bahwa para pelanggar akan dipenjarakan atau dikenakan denda.

Beberapa jam setelah serangan granat yang mencederai lebih dari 50 pemrotes , dan menjelang satu rapat raksasa para pendukung pemerintah di ibukota Thailand itu, pernyataan lima pasal itu  tidak mengatakan bagaimana polisi akan memberlakukan undang-undang darurat.

 Penerbangan-penerbangan yang datang dan meninggalkan bandara internasional Suvarnabhumi , Bangkok  dan bandara domestik Dong Muang Bangkok lumpuh akibat pengepungan para pemrotes Aliansi Rakyat untuk Demokrasi (PAD)  yang berusaha menggulingkan pemerintah.

Pernyataan Ahad itu dikeluarkan Letjen Suchart Muenkaew, ketua perunding polisi di bandara Dong Muang. Satu divisi polisi lainnya bertanggungjawab atas Suvarnabhumi.

Senin pagi , sebuah granat dilemparkan  ke Gedung Pemerintah , kantor perdana menteri yang diduduki para pendukung  PAD sejak Agustus.

Ledakan granat di Kantor Pemerintah itu  ditujukan pada para pendukung PAD di sana dan termasuk di antara insiden paling berdarah. Seorang jurubicara PAD  mengatakan 51 orang cedera, empat luka parah.

Pengepungan di Suvarnabhumi  dan  Don Muang , adalah  peningkatan  paling baru dalam "perjuangan akhir" PAD  untuk menggulingkan perdana menteri yang mereka tuduh boneka mantan PM Thaksin Shinawatra.

Thaksin , yang adalah ipar PM Somchai Wongsawat , digulingkan  dalam kudeta militer tidak berdarah  tahun 2006  dan kini tinggal di pengasingan.

Ia masih memiliki dukungan kuat di perkotaan  dan warga miskin di desa , dan Aliansi Demokratik  Menentang Diktatur (DAAD) yang pro Thaksin  mengatakan mereka akan mengerahkan 100.000 pendukung  ke kota Bangkok Ahad petang untuk unjuk dukungan pada pemerintah.

Veera Musikapong , seorang pemimpin DAAD,mengemukakan kepada suratkabar  The Nation salah satu tujuan utama  unjuk kekuatan itu adalah apa yang dituduhnya sikap berat sebelah pengadilan.

Pengadilan Konstitusi bertindak cepat untuk memutuskan kasus kecurangan dalam pemungutan, Selasa , yang dianggap secara luas dapat mengakibatkan pembubaran Partai Kekuatan Rakyat  (PPP) yang dipimpin Somchai.

"Jelas ada campurtangan dengan pengadilan. Itu telah direncanakan dengan baik, dan ini adalah satu kudeta tersembunyi," kata Veera.

"Jika pengadilan itu membubarkan  tiga partai , maka Somchai dan para pemimpin lainnya akan dilarang dari kegiatan politik dan banyak menteri kabinet  akan mengundurkan diri.

Polisi mengatakan mereka akan berusaha menjaga agar kedua kelompok  yang berseteru itu  tidak berada dalam satu lokasi yang berdekatan .

Pada Sabtu malam , sekitar 150 polisi anti huru hara meninggalkan sebuah pos pemeriksaan  dekat Suvarnabhumi  setelah emreka diserang para pendukung PAD yang bersenjatakan  besi potongan  dan katapel, dan melemparkan mercon.

Deputi PM Olarn Chaipravat  mengatakan kerusakan atas citra Thailand , pada saat puncak pariwisata , mungkin mengurangi kedatangan para turis setengah menjadi 6-7 juta orang tahun 2009 dan mengancam  satu juta tenaga kerja.

Pemerintah mengalihkan para wisatawan ke U Tapao , sebuah pangkalan angkatan laut era Perang Vietnam , 150km timur Bangkok , sebagai alternatif  lokasi pendaratan  bagi pesawat , tetapi para wisatawan  mengeluhkan penundaan pemberangkatan yang lama dan bingung.

Menlu Australia  Stephen Smith mengatakan ratusan warga Australia  tertahan di Thailand dan maskapai penerbangan nasional Qantas menawarkan satu penerbangan ekstra untuk membawa mereka pulang.

"Kami akhirnya berangkat hari ini," kata Yusuf Waedaramae, 33 tahun  seorang warga Thailand  yang tinggal di Australia  yang datang ke Bangkok untuk membawa ibunya menunaikan ibadah haji.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2008